Menparekraf Ijinkan Penyelenggaraan Berbagai Event di Nusantara dengan Protokol CHSE

Presiden Joko Widodo

JAKARTA–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa berbagai acara sudah mulai bisa digelar kembali dengan penerapan protokol kesehatan/CHSE  yang ketat dan disiplin. Hal tersebut disampaikan dalam peluncuran Kharisma Event Nusantara (KEN)-21-Calender of Event Daerah di Studio RCTI+ Jakarta, Sabtu(10/4) malam lalu.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Harry Tanoe (Founder MNC) dan Rizki Handayani

          Peluncuran KEN 2021 ditandai dengan menerbangkan pesawat kertas yang diikuti oleh para undangan yang hadir.

          “Kharisma Event Nusantara ini adalah salah satu adaptasi di tengah pandemi terhadap penyelenggaraan acara yang akan kita lakukan di 2021 dengan bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujarnya.

Prosesi peluncuran dengan menerbangkan pesawat  kertas.

Dia menambahkan Kharisma Event Nusantara-21 mewadahi berbagai acara yang digelar di daerah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, bahkan hingga tingkat desa.

          Menurut Menparekraf,  mulai 10 April 2021 bersamaan peluncuran KEN, pihaknya akan mendampingi pelaksanaan acara di seluruh pelosok nusantara agar ekonomi rakyat bergerak seiring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Atraksi dalam pertunjukan Kharisma Nusantara-21.

“Selama kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan berbasis CHSE (“Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability”) serta koordinasi dengan aparat setempat maka dapat mulai dihadirkan kembali,” kata Sandi.

KEN ini juga memberikan panduan kepada para penyelenggara acara terkait mekanisme dan prosedur

          Sebelumnya Presiden Joko Widodo dalam peluncuran berharap program Kharisma Event Nusantara 2021 dapat membangkitkan kembali minat para turis untuk berkunjung di Indonesia dan menjadi stimulus untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang mengalami tekanan akibat COVID-19.

          Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizky Handayani, mengatakan setelah diluncurkannya KEN maka pelaku event dan kepala daerah diharapkan segera menyosialisasikan protokol CHSE sebagai panduan dalam pelaksanaan kegiatan.

“Beberapa Pemda sudah ada yang memulai, dan sudah melakukan, kita harapkan dengan kondisi yang terus membaik ditambah dengan program vaksinasi yang semakin masif, kita harapkan mulai semester dua tahun ini sudah bisa berjalan dengan baik kegiatan di daerah,” katanya.

          Dialog dengan pelaku pariwisata dan sambutan dua kepala daerah yakni Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dilakukan secara virtual. Termasuk paparan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Acara juga disemarakan dengan penampinan RAN, Rini Wulandari, dan Titi DJ. bam

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp