International Media

Kamis, 19 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022

Menlu RI: 133 WNI telah Dievakuasi dari Ukraina, 32 Orang Memilih Tinggal

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR pada Rabu (6/4) mengungkapkan, dari  165 WNI di Ukraina, 133 di antaranya telah berhasil dievakuasi sementara sisanya memilih tinggal di negara yang tengah dilanda perang itu.

 “Masih terkait Ukraina, kita patut bersyukur bahwa semua WNI yang ingin dievakuasi telah dievakuasi dan telah tiba di Indonesia dengan selamat. Jumlah total WNI di Ukraina adalah 165 orang, jumlah WNI yang telah ke luar adalah 133 orang,” kata Retno di Ruang Rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/4).

Retno merinci  bahwa dari 133 WNI yang telah dievakuasi, 80 di antaranya dipulangkan ke Indonesia dengan pesawat, 5 orang dievakuasi ke Bucharest, Rumania, namun memilih pulang ke negara residensinya yaitu ke Rusia, Turki, Denmark, dan Qatar, sebanyak 34 orang memilih pulang ke Indonesia melalui beberapa gelombang evakuasi lanjutan, 12 orang melakukan evakuasi mandiri ke beberapa negara, dan 2 orang yang tidak melakukan lapor diri telah mengonfirmasi telah berada di Indonesia.

Menurut Retno, sejauh ini masih terdapat 32 WNI yang lebih memilih tinggal di Ukraina dengan berbagai alasan, baik alasan pribadi, keluarga, maupun juga staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). “(Mereka) Memilih tinggal dengan berbagai alasan pribadi, termasuk alasan keluarga, dan sisanya adalah staf KBRI,” terang Retno.***

Osmar Siahaan

Komentar