Menjamu Lazio, Laga Formalitas Bayern?

Robert Lewan

Bayern Muenchen  belum terkalahkan di Liga Champions musim ini, menang 6 kali dari 7 pertandingan yang telah mereka mainkan.

MUENCHEN (IM) – Bayern Muenchen akan menjamu Lazio pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Kamis (18/3) dinihari WIB.  Laga nanti bisa dibilang hanya sekadar formalitas bagi Bayern.

Pada leg pertama, Bayern menghajar Lazio 4-1 di Italia. Empat gol Bayern dicetak oleh Robert Lewandowski menit 9, Jamal Musiala menit 24, Leroy Sane menit 42 dan Francesco Acerbi (bunuh diri) menit 47. Lazio hanya bisa menipiskan selisih skor lewat Joaquin Correa di menit 49.

Sebelum leg pertama kontra Lazio, pertemuan terakhir Bayern dengan tim Italia adalah melawan Juventus di babak 16 besar Liga Champions 2015/16. Bayern bermain imbang 2-2 di Italia, dan lolos dengan agregat 6-4 setelah menang 4-2 di Jerman.

Sementara itu, sebelum melawan Bayern, Lazio sudah bertemu dengan tim Jerman di fase grup Liga Champions musim ini, yakni Borussia Dortmund. Lazio menang 3-1 di Italia melalui gol-gol Ciro Immobile dan Jean-Daniel Akpa Akpro, serta bunuh diri pemain lawan. Lazio kemudian bermain imbang 1-1 di Jerman berkat penalti Ciro Immobile.

Bayern belum terkalahkan di Liga Champions musim ini, menang 6 kali dalam 7 pertandingan yang telah mereka mainkan (M6 S1 K0). Bayern selalu mencetak minimal 2 gol dalam 6 dari 7 laga terakhirnya di Liga Champions.

Bayern memenangi 3 laga kandangnya di fase grup Liga Champions musim ini, yakni 4-0 vs Atletico Madrid, 3-1 vs Salzburg, dan 2-0 vs Lokomotiv Moscow. Mereka kalah 1 kali dalam 28 laga terakhirnya di Eropa (M22 S5 K1).

Bayern selalu menang dalam 7 laga kandang terakhirnya di Liga Champions.

Bayern selalu menang dalam 4 laga kandang terakhirnya melawan tim-tim Italia.

Rekor kandang Bayern melawan tim-tim Italia: M10 S5 K5.

Rekor keseluruhan Bayern melawan tim-tim Italia: M18 S9 K15 (gol 69-54).

Bayern selalu menang dalam 4 laga terakhirnya di semua kompetisi. Di Bundesliga akhir pekan kemarin, Bayern mengalahkan tuan rumah Werder Bremen 3-1 lewat gol-gol Leon Goretzka, Serge Gnabry dan Robert Lewandowski.

Bayern selalu mencetak minimal 3 gol dalam 4 laga terakhirnya di semua kompetisi. Bayern tanpa clean sheet, alias selalu kebobolan, dalam 6 laga terakhirnya di semua kompetisi. Bayern selalu mencetak minimal 3 gol dalam 4 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi.

Top skor sementara Bayern musim ini adalah Robert Lewandowski, yang telah mencetak 38 gol dalam 34 penampilan di semua kompetisi. Di urutan kedua adalah Thomas Mueller, yang telah mencetak 13 gol dalam 34 penampilan untuk Bayern di semua kompetisi musim ini.

Berat bagi Lazio untuk membalikkan keadaan, pasalnya Bayern selalu tangguh jika bermain di kandang sendiri.

Di laga lain,  Chelsea akan menjamu Atletico Madrid di Stamford Bridge pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020/21

Pada leg pertama, yang digelar di tempat netral (Arena Nationala, Bukares, Rumania) seiring pembatasan akses masuk yang diberlakukan beberapa negara akibat pandemi covid-19, dengan status sebagai tim tamu, Chelsea mengalahkan Atletico 1-0 lewat gol tunggal Olivier Giroud menit 68. Atletico, yang memiliki penyerang-penyerang top seperti Joao Felix dan Luis Suarez, tak kuasa membongkar pertahanan lawannya.

Atletico bisa dibilang cukup dirugikan karena tak bisa meladeni Chelsea di Estadio Metropolitano, kandang mereka sendiri. Terlebih lagi, leg kedua nanti bukannya kembali di tempat netral, tapi di kandang lawan..

Meski begitu, Atletico tak perlu terlalu memikirkannya. Mereka cuma perlu fokus untuk mengalahkan Chelsea dan membalikkan defisit agregat.

Mengalahkan Chelsea tidak bakal mudah bagi pasukan Diego Simeone.   The Blues belum terkalahkan dalam 12 pertandingan di semua kompetisi bersama pelatih baru Thomas Tuchel, yang diangkat menggantikan Frank Lampard sejak 26 Januari 2021 silam. Mereka menang 8 kali (M8 S4 K0), mencetak total 13 gol dan hanya kebobolan dua.

Namun, satu kekurangan Chelsea racikan Tuchel ini adalah mereka sedikit kesulitan mencetak gol ke gawang lawan. Selain itu, Chelsea juga takkan diperkuat Jorginho serta Mason Mount, yang terkena akumulasi kartu kuning, dan itu bisa berdampak negatif bagi mereka.

Jika Atletico sanggup membongkar pertahanan Chelsea, maka peluang mereka untuk membalikkan keadaan bakal terbuka. Jika tidak, maka Los Colchoneros sepertinya harus siap untuk tersingkir di babak 16 besar. vit

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp