International Media

Minggu, 2 Oktober 2022

Minggu, 2 Oktober 2022

Mendobrak Hambatan Akses Perbankan, Kampanye #BuatSemua Berikan Literasi Keuangan yang Inovatif

Foto bersama Tim Komika dan BNC usai peluncuran kampanye #BuatSemua.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo sudah mengingatkan tentang pasar ekonomi digital di Indonesia yang terus berkembang besar. Dimana pada 2025 mendatang  pasar digital Indonesia diprediksi menembus US$146 miliar.

Menurut Jokowi, adanya pandemi Covid-19 pertumbuhan pasar digital semakin cepat. Karenanya  ia berharap potensi pasar digital ini dimanfaatkan sebaik baiknya. “Yang ingin saya sampaikan bahwa pasar digital di Indonesia potensi pasarnya besar, jangan nanti yang ngambil orang lain,” kata Jokowi dalam acara Akselerasi Generasi Digital Rabu (15/12/2021) lalu.

Di sisi lain, berdasarkan penelusuran yang dilakukan Bank Neo Ccommerce Tbk (BNC),  bank yang telah bertransformasi menjadi Bank Digital atas berbagai respon pengguna perbankan melalui interaksi langsung, in-depth interview hingga sosial media terlihat bahwa persoalan literasi keuangan masih menjadi masalah utama di kalangan masyarakat.

Vice President & Head of Marketing BNC, Maritsen Darvita menjelaskan, tingkat literasi terhadap berbagai produk keuangan dan perbankan memang menjadi masalah utama di masyarakat Indonesia. Menurutnya, tingkat literasi keuangan sangatlah bergantung pada tingkat pendidikan, pendapatan, hingga wilayah demografi di negara kita. “Demografi dan pendidikan, adalah hambatan utama. Karenanya literasi perlu digencarkan dengan berbagai inovasi,” kata Maritsen.

Guna mempercepat pertumbuhan sekaligus turut  serta berkontribusi pada pemulihan ekonomi pasca pandemi, BNC meluncurkan kampanye #BuatSemua. Kampanye ini merupakan solusi dari berbagai permasalahan perbankan dan finansial yang masih dialami oleh berbagai kalangan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Lewat tema “Business & Fun”. Dimana produk perbankan yang berfitur lengkap hanya dalam satu aplikasi yang mudah digunakan, dan ini sangat menguntungkan bagi nasabah baru BNC.

Terobosan ini sebagai wujud komitmen BNC untuk mengedukasi masyarakat bahwa neobank merupakan super-app yang mudah digunakan oleh semua kalangan. Aplikasi tersebut menjawab kebutuhan perbaikan literasi keuangan untuk semua kebutuhan dengan memangkas berbagai keresahan masyarakat ketika mengakses aplikasi perbankan yang sering dirasa tidak user-friendly. Bank Neo Commerce mendobrak hambatan akses perbankan yang selama ini ada dengan menyediakan aplikasi yang mudah digunakan.

Dalam kesempatan jumpa pers yang dilaksanakan secara hybrid pada 11 April 2022 lalu baik daring dan luring,  BNC juga memperkenalkan fitur tambahan yang bermanfaat dan praktis bagi para nasabahnya. Salah satu unggulannya adalah Neo Angpao atau THR Neo. Fitur ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berbagi keceriaan dengan orang-orang tersayang hanya dengan satu sentuhan.

Selain Neo Angpao atau THR Neo, BNC juga sudah memiliki fitur digital interface lainnya yang sangat bermanfaat seperti Free transfer, PPOB, Neo NOW, Neo WOW. Bukan cuma itu, BNC juga menawarkan fitur gamification seperti Neo Fortune, Neo World, Neo Chat. Manfaat utamanya, nasabah dapat mengakses layanan keuangan dengan jauh lebih mudah dan menyenangkan dengan tampilan yang fresh.

Memulai rangkaian kampanye “#BuatSemua”, BNC juga pada 27 April 2022 mengumumkan gelaran Jingle Video Competition secara lipsync atau menggunakan bahasa daerah se-Indonesia bertajuk “Berpacu Dalam Neolodi”. Lewat pendekatan kreatif dan humor, BNC menargetkan peningkatan literasi keuangan masyarakat dari berbagai wilayah dan kelas ekonomi di Indonesia. 

Aditya Windarwo, Direktur Bisnis Bank Neo Commerce menjelaskan “Gelaran Jingle Video Competition lewat platform digital ini bertujuan untuk memberikan hiburan sekaligus edukasi bagi masyarakat.

Semetara itu  Raim Laode, juri kompetisi ini menyampaikan Jingle Video Competition berfokus untuk mengeksplor cara terbaik dan mudah dipahami dalam upaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui hal-hal yang disukai seluruh kalangan masyarakat. “Indonesia membutuhkan cara yang lebih seru dan humoris ketika bicara tentang literasi perbankan. Pendekatan yang menghibur dan dekat dengan kenyataan hidup sehari-hari kita adalah kunci penerimaan masyarakat atas berbagai informasi dan edukasi tentang literasi keuangan, “ katanya.

Mekanismenya, peserta menyanyikan jingle #BuatSemua secara lipsync atau dalam bahasa daerah dengan durasi maksimal satu menit. Untuk lebih mudahnya, keikutsertaan ditandai dengan tag akun resmi media sosial @bankneocommerce, dengan masa publikasi  mulai 13 April hingga 8 Mei 2022.

Apa yang dilakukan BNC memang luar biasa, inovasi dengan menggaet komika turut berperan dalam literasi, merupakan langkah yang perlu diapresiasi, mengingat sebagian anggota komika memiliki kemampuan edukasi secara humoris. bam

Vitus DP

Komentar

Baca juga