International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Matip Tentukan Kemenangan Liverpool

Selebrasi pemain Liverpool usai Joel Matip mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam.

LIVERPOOL – Joel Matip menjadi pahlawan Liverpool saat mengalahkan Ajax Amsterdam pada matchday kedua Grup A Liga Champions musim ini yang berlangsung di Stadion Anfield, Rabu (14/9) dinihari WIB.

Mohamed Salah membuka skor buat Liverpool pada menit ke-17. Ajax Amsterdam membalas sepuluh menit kemudian lewat gol Mohammed Kudus.  

Di babak kedua,  Liverpool terus melancarkan serangan sejak awal babak kedua, tapi masih kesulitan membongkar lini belakang Ajax. Gol yang ditunggu baru tercipta pada menit ke-89. Joel Matip menanduk masuk bola sepak pojok Kostas Tsimikas. Daley Blind berusaha membuang bola keluar dari gawang, tapi sudah lebih dulu melewati garis sepenuhnya.

Dalam laga itu Liverpool mendominasi permainan sepanjang 2×45 menit. Merseyside Merah total melepaskan 24 tembakan (10 on target) dan 57 persen penguasaan bola, unggul jauh ketimbang Ajax yang cuma bisa melakukan 3 shoots (1 on target).

Matip sendiri mengaku sempat tak yakin bola tandukannya sudah melewati garis gawang. “Saya memiliki beberapa peluang sebelumnya, jadi saya senang bisa mencetak gol. Sejujurnya saya tidak yakin (tercipta gol) tetapi ketika saya melihat wasit, kemudian emosi keluar. Itu adalah pertandingan yang panjang dan sulit. Kami mendorong seluruh tim ke depan, bertahan sejak detik pertama dan kemudian itu adalah akhir yang bahagia bagi kami,” kata Matip dilansir dari BBC.

Dia dicatat Squawka mencatatkan 77 sentuhan, 13 kali memenangi duel, 8 kali sentuhan di kotak penalti lawan, 2 kali melakukan sapuan dan melakukan 3 kali tembakan.

Sebelum golnya ke gawang Ajax, kali terakhir Matip mencetak gol di Liga Champions adalah sembilan tahun lalu.  Di posisinya sebagai bek tengah, Matip memang tidak dituntut untuk rutin bikin gol. Merujuk Transfermarkt, sejauh ini sudah tiga gol dikoleksinya di Liga Champions.

Hasil ini menjadi kemenangan pertama Liverpool di Liga Champions 2022/2023. Virgil van Dijk dan kolega naik ke posisi dua Grup A dengan 3 poin, menggeser Ajax yang turun ke urutan tiga.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga