Saturday, 15 June 2024

Search

Saturday, 15 June 2024

Search

Mantap, Indonesia ke Perempatfinal Piala Asia

Marselino Ferdinan (tengah) dan dua rekannya berselebrasi saat mengalahkan Yordania.

DOHA – Indonesia menang 4-1 atas Yordania pada laga Grup A Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Minggu (21/4) malam WIB.  Indonesia (6) pun lolos ke perempatfinal sebagai runner up di bawah Qatar (7).

Indonesia mendapat gol lewat brace Marselino Ferdinan (23 p, 70) dan gol dari Witan Sulaeman (40) serta Komang Teguh (86). Sementara Yordania peroleh  gol dari bunuh diri Justin Hubner (79) .

Garuda Muda lolos ke 8 besar Piala Asia U-23 untuk kali pertama. Pelatih Shin Tae-yong begitu gembira dengan hasil ini.  Pria asal Korea Selatan itu mengucapkan terima kasih ke para pemain Indonesia, yang dinilai tampil sangat bagus.

“Saya sangat senang kami bisa ke perempatfinal. Pertama saya ucapkan terima kasih ke pemain. Hari ini Ketua PSSI Erick Thohir, Menpora mereka semuanya berada di sini, mendukung kami. Para pemain sudah bermain sangat bagus. Kepercayaan diri (para pemain) bertambah setelah mengalahkan Australia,”  kata STY dalam konferensi pers.

Marselino Ferdinan jadi man of the match di laga itu  “Marselino Ferdinan yang terpilih menjadi Player of the Match pada pertandingan ini,” tulis Instagram resmi Timnas Indonesia, Senin (22/4)

Marselino berterima kasih dukungan dan doa yang diberikan kepada Timnas Indonesia. Ia juga memastikan akan memberikan yang terbaik di babak perempatfinal Piala Asia U-23 2024.

“Terima kasih atas dukungannya. Indonesia telah mendoakan kita. Kita lolos ke perempatfinal. Tetap dukung kita, tetap doakan kita, dan kita akan melakukan yang terbaik di perempatfinal. Terima kasih,” ucap Marselino Ferdinan.

Justin Hubner menilainya sebagai kemenangan mudah. Footystats mencatat Indonesia melakukan penguasaan bola 53 persen. Ada 12 tembakan yang dilepaskan oleh Indonesia. “Halo, semuanya. Kemenangan mudah, boys! Kemenangan mudah!” kata Hubner di Instagram Timnas Indonesia.

Khusus bagi Witan Sulaeman, ia  mencetak gol brilian saat itu. Ada yang membandingkannya gol Lionel Messi di Liga Champions. Gol pemain nomor punggung delapan itu dikemas dengan skema yang rapi. Rizky Ridho melakukan overlap, lalu melakukan kerja sama satu-dua dengan Marselino Ferdinan.

Witan melakukan pergerakan di dalam kotak penalti Yordania, diumpan oleh Rizky Ridho. Bolanya dikirim oleh pemain nomor punggung delapan itu masuk ke gawang Yordania dengan tendangan melengkung. Witan menjadi pemain penting untuk Indonesia di ajang ini. Dia selalu menjadi starter dalam tiga pertandingan.

Hanya saja di laga selanjutnya,  Nathan Tjoe-A-On bakal absen. Dia resmi meninggalkan Timnas Indonesia sesuai dengan kesepakatan PSSI dengan klub sebelumnya.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menyebut bahwa cabutnya Nathan adalah kesepakatan bersama. Sang pemain tidak dilepas lama-lama oleh klubnya di luar agenda FIFA.

“Memang kemarin kami lobby klubnya Nathan dan dari hasil lobby tersebut awalnya mereka (Heerenveen) berat betul melepas Nathan.  Pak Ketua (PSSI, Erick Thohir) minta langsung ya minimal sampai lolos 8 besar karena target awal kita di sana dan Pak Ketum usaha betul dia supaya Nathan ini bisa main sampai target yang sudah ditargetkan Pak Ketum ke Shin Tae-yong,” kata Arya kepada wartawan.

Dengan keberhasilan ini, Indonesia sudah bisa mencapai target yang ditentukan oleh PSSI. Kini, Shin Tae-yong mengejar mimpinya mengantarkan Indonesia lolos ke Olimpiade 2024.

Sementara pelatih Yordania, Abdullah Abu Zema, memuji habis-habisan Indonesia. “Indonesia tampil luar biasa dan layak menang serta lolos Perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Kami awalnya berupaya mencuri gol cepat. Tercatat, kami memiliki tiga peluang di awal laga, namun tak ada yang berhasil. Gol pertama Timnas Indonesia U-23 mengubah situasi. Setelah memimpin, Timnas Indonesia U-23 mengontrol pertandingan sehingga kami gagal tampil maksimal,” kata Abdulla Abu Zema.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media