International Media

Senin, 8 Agustus 2022

Senin, 8 Agustus 2022

Mane Resmi Jadi Milik Bayern

Sadio Mane bersama petinggi Bayern Munich.

MUNICH – Bayern Munich sudah resmi mendapatkan Sadio Mane. Penyerang Senegal itu dikontrak selama tiga musim. Kontraknya yang tersisa semusim lagi serta keinginannya untuk pindah dari Liverpool memudahkan langkah Bayern untuk merekrutnya.

“FC Bayern telah merekrut Sadio Mané dari Liverpool. Penyerang 30 tahun itu telah menyetujui kontrak dengan sang juara bertahan Liga Jerman hingga 30 Juni 2025,” bunyi pernyataan resmi Bayern.

Mane dilaporkan ditebus Bayern seharga 27,4 juta Pound, dengan klausul bonus yang bisa mencapai 7,7 juta Pound jika berhasil memenuhi jumlah penampilan tertentu serta meraih gelar di level klub dan juga individu. Awalnya, Liverpool meminta uang transfer hingga 42,5 juta Pound.

Kehadiran Mane, yang dikenal dengan reputasi dermawan dan ramah terhadap fans, diharapkan bisa ikut mengangkat pamor Bundesliga di kancah global.

“Sadio Mane adalah bintang global, yang juga menarik minat Bayern dan akan meningkatkan daya tarik Bundesliga secara keseluruhan. Suporter datang ke stadion untuk menyaksikan pemain semacam itu,” kata Presiden Bayern, Herbert Hainer.

Mane sudah tiba di Munich sejak Selasa (22/6) lalu untuk menjalani tes medis. Ia juga sudah terlihat memakai baju latihan Die Roten saat memberikan tanda tangan kepada para penggemar yang menghampirinya.

Menurut laporan GOAL, Mane akan mendapat gaji sekitar 15 juta Euro per musim, membuatnya menjadi salah satu pemain bergaji mahal di Allianz Arena.

Kehadiran Mane bakal menambah opsi serangan Die Roten. Selama ini Bayern, tidak bisa dipungkiri, sangat bergantung kepada ketajaman Robert Lewandowski.

Mane memang menjadi salah satu kunci sukses Liverpool dalam beberapa musim terakhir setelah mengemas 120 gol plus 48 assist di lebih dari 260 penampilan.

Pelatih Bayern Julian Nagelsmann begitu terkesan dengan Mane karena memperlihatkan sikap yang tidak egois sejak pembicaraan pertama. “Sejak dari pembicaraan pertama dia membuat impresi yang sangat tidak egois, hal yang luar biasa untuk seorang pemain dengan nama besar sepertinya. Dia bilang, dengan cukup sederhana, dia bisa membayangkan dirinya sendiri bermain di posisi apa pun,” ucap Nagelsmann di laman resmi Bayern Munich.

Pelatih berusia 34 tahun ini menambahkan, posisi main Mane sangat fleksibel. “Sadio itu adalah seorang pemain yang bisa bermain dengan mudah di empat atau lima posisi, dan juga bisa bertukar posisi selama pertandingan,” lugas Nagelsmann.

Mane sendiri sejak awal sudah mantap untuk gabung Bayern Munich. Ia merasa sudah saatnya menjajal tantangan baru.  Maka, ketika kesempatan untuk memperkuat Die Roten datang, pemain berusia 30 tahun itu tak menyia-nyiakannya.

“Saya sangat senang akhirnya bersama FC Bayern Munich. Kami banyak ngobrol dan saya merasakan ketertarikan yang besar dari klub ini sejak awal. Jadi saya tidak ragu sejak awal. Inilah saatnya untuk tantangan ini. Saya ingin meraih banyak hal bersama klub ini, juga secara internasional. Selama di Salzburg, saya banyak mengikuti pertandingan FC Bayern. Saya sangat suka klub ini,” ujar Mane seperti dilansir Sky Sports.

Lalu bagaimana dengan Lewandowski? Bayern Munich menegaskan tak akan melepas Lewandowski, meski kontraknya tersisa semusim lagi. Die Roten kini menantikan kehadirannya di sesi pramusim bulan depan.

Lewandowski diketahui ingin bergabung dengan Barcelona di musim panas ini. Ia dilaporkan sudah mencapai kesepakatan verbal dengan raksasa Catalan itu.

Sebelumnya, ia juga sudah terang-terangan minta pindah kepada Bayern. Hal itu diumumkan lewat jumpa pers saat membela Timnas Polandia di UEFA Nations League awal bulan ini.

Maka, jika Lewandowski tetap bertahan, maka patut ditunggu seperti apa duet lini serang Bayern Munich musim depan.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga