Saturday, 15 June 2024

Search

Saturday, 15 June 2024

Search

Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship 2024 Resmi Dibuka

Ajang junior paling prestisius di Indonesia resmi dibuka dan siap menyuguhkan aksi para calon bintang golf masa depan di Damai Indah Golf, PIK Course mulai 12-14 Juni 2024.

JAKARTA- Sebanyak 113 peserta dari 20 negara dan 5 benua telah berkumpul di Damai Indah Golf, PIK Course, Jakarta untuk bertanding dalam ajang Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship 2024.

Kejuaraan yang pada tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-27 ini kembali menjanjikan aksi para calon bintang golf masa depan dalam kompetisi stroke play 54 hole, yang akan dimulai Rabu (12/6).

Turnamen ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1993 berkat inisiasi almarhum DR. (HC) Ir. Ciputra. Penyelenggaraan turnamen yang semula di tingkat nasional ini kemudian berkembang menjadi skala Asia Tenggara, Asia Pasifik, dan akhirnya meningkat menjadi tingkat dunia sejak tahun 2007.

Pembukaan pada hari ini dilakukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina Ciputra Golfpreneur Foundation (CGF), Budiarsa Sastrawinata dan Presiden Direktur Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, dengan turut disaksikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PGI), Japto S. Soerjosoemarno.

Untuk pertama kalinya dalam gelaran ajang ini, pembukaan dilakukan dengan menghadirkan sejumlah atraksi hiburan yang memukau. Selain atraksi cheerleader seluruh peserta juga diperkenalkan kepada publik secara kasual. Sementara, puncak seremoni dilakukan dengan menyuguhkan atraksi jet ski dengan membawa trofi yang akan diperebutkan pada pekan ini.

Dalam sambutannya, Budiarsa menyampaikan rasa gembiranya menyambut para pegolf terbaik dari lima benua ini. ”Kejuaraan ini ingin memberikan sebuah wadah untuk bertumbuh bagi para pegolf junior di seluruh dunia, sebuah wadah untuk mengalami budaya keramahtamahan dari masyarakat Indonesia, dan wadah untuk menjalin persahabatan di antara para peserta, sekaligus menjadi komunitas golf yang lebih besar lagi untuk berjuang mencapai level tertinggi di dunia,” ujar Budiarsa.

”Kami juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bank Mandiri, yang tahun ini kembali sebagai sponsor utama kegiatan ini. Bersama para sponsor lainnya, seperti Ciputra Group, PT Surya Toto, PT Pertamina (Persero), PT Sinarmas Land, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, PT Jaya Konstruksi, PT PLN (Persero), PT Pembangunan Jaya, PT Jaya Property, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, PT Perentjana Djaja, PT Hutama Karya (Persero), PT Pelabuhan Indonesia (Persero), dan para pendukung lainnya sehingga kejuaraan tahun 2024 dapat terselenggara.”

Pada kesempatan yang sama Bank Mandiri juga turut bersemangat dalam membuka kejuaraan junior yang paling prestisius dan paling konsisten di Indonesia ini. Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menungkapkan, kompetisi ini menjadi ajang yang paling ditunggu para talenta pegolf muda untuk menunjukkan keterampilan golf mereka. ”Komitmen kami untuk mendukung olahraga ini mencerminkan visi kami dalam memajukan bakat-bakat muda dan membantu mereka mencapai panggung internasional,” ujar Darmawan.

Dia menambahkan, perhelatan ini juga berpotensi menjadi target para pegolf muda khususnya generasi milenial untuk merasakan sensasi kompetisi golf serta ajang mengukir prestasi. ”Tidak hanya sebagai sponsor utama, Bank Mandiri juga menyiapkan dukungan dari sisi perbankan untuk menciptakan kemudahan dalam melakukan transaksi selama kompetisi,” paparnya.

Bank Mandiri memiliki berbagai produk perbankan yang bisa digunakan untuk bertransaksi di kawasan Damai Indah Golf PIK Course. Mulai dengan transaksi digital melalui Livin’ by Mandiri, Mandiri Debit, serta Mandiri Kartu Kredit. Saat ini Bank Mandiri juga memiliki fitur Sukha, yang memungkinkan pengguna untuk dapat memudahkan kebutuhan lifestyle dan entertainment melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

Calon Bintang Dunia Siap Bersaing

Dalam penyelenggaraan tahun ini, pemenang Junior Solheim Cup 2021 dan 2023 asal Belgia, Savannah de Bock akan tampil sebagai peserta dengan peringkat dunia tertinggi. Saat memberi konfirmasi keikutsertaannya, de Bock menempati peringkat 66 pada World Amateur Golf Ranking.

Selain menjadi salah satu pemain kunci dalam kejuaraan beregu menghadapi tim junior dari Amerika itu, de Bock juga menjuarai ajang European Ladies Amateur Championship 2022 ketika baru berusia 16 tahun.

Sementara itu, Elaine Widjaja dan Rayhan Abdul Latief juga kembali tampil pada ajang ini dan berniat untuk mempersembahkan prestasi terbaik bagi Indonesia sebelum keduanya bertolak ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan masing-masing.

Seperti tahun sebelumnya, para peserta dibagi dalam tiga kelompok umur; Kelas A (15-18 tahun), Kelas B (12-14 tahun), dan Kelas C (10-11 tahun). Hanya para peserta dari Kelas C yang akan bertanding dengan ditemani kedi.

Selain kompetisi individu untuk predikat bergengsi Best Gross Overall putra dan putri, ajang ini juga mempertandingkan kategori beregu putra dan putri. Tiap tim akan terdiri dari satu pemain dari Kelas A dan satu pemain dari Kelas B. Tim dengan skor total terendah selama tiga putaran akan menjadi pemenang.

Tiket ke sejumlah ajang bergengsi Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship tahun ini juga akan menjadi kunci bagi pemenangnya untuk bisa mengikuti sejumlah kejuaraan bergengsi lainnya.

Peraih Best Gross Overall putra dan putri berhak mengikuti ajang Junior World Cup Invitationals at Kings Mill pada 14-17 Juli 2024 di Amerika Serikat, serta AJGA Thailand pada bulan November mendatang. Selain itu, kedua pemenang terbaik ini berhak mengikuti ajang FCG Callaway World Championship untuk tahun 2025. Best Gross Overall putra juga akan mendapatkan spot untuk mengikuti ajang Ciputra Golfpreneur Tournament (Asian Development Tour Event, Ajang turnamen golf profesional) pada bulan Agustus tahun ini. Turnamen ini merupakan turnamen profesional yang masuk dalam kalender Asian Development Tour. yan

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media