International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Manchester City Terlalu Tangguh Bagi MU

Sukacita pemain Manchester City saat membantai Manchester United.

MANCHESTER – Manchester City menang telak, 6-3,  atas Manchester United (MU) pada laga derby,  yang berlangsungdi Etihad Stadium, Minggu (2/10) malam WIB.  City tampil begitu dominan membuat MU sulit berkembang.

Tuan rumah sudah unggul empat gol di babak pertama. Phil Foden dan Erling Haaland masing-masing mencetak dua gol. Di babak kedua, MU sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Antony. Namun, City kembali menjauh dengan mencetak dua gol. Haaland dan Foden menambah pundi-pundi golnya untuk masing-masing mengukir hat-trick.

MU menambah gol pada menit ke-84 lewat sundulan Anthony Martial. Martial kembali bikin gol di menit-menit akhir lewat penalti.

Manajer Man City Pep Guardiola mengakui timnya sempat bermain sangat baik dan agresif.  “Secara umum itu kami sangat bagus karena sempat sangat agresif, tapi tentu saja ketika mereka punya Bruno Fernandes dan Christian Eriksen, mereka punya kualitas. Kami sadar dengan celah-celah yang kami tinggalkan dan para pemain kami di depan membuat perbedaan di babak pertama. Kami bisa menang atau kalah, tapi ada banyak hal yang bisa kami lakukan dengan lebih baik. Sejumlah pemain tidak bagus hari ini jadi mereka mesti berbenah,” kata Guardiola kepada Sky Sports dilansir BBC.

Selain MU punya kualitas untuk merespons, Man City juga bermain ceroboh dalam beberapa momen sehingga mudah kehilangan bola. “Kesempurnaan itu  tidak ada, mustahil. Tapi kami harus mencoba melihat ke arah itu. Kami bermain bagus, tapi kami bisa lebih baik lagi. Banyak pemain ceroboh dalam mengumpan. Ini  tidak bagus. Kami harus lebih konsisten dalam mengumpan. Di beberapa area kami masih tidak bagus,” ujarnya.

Haaland terus mendulang gol. Guardiola sendiri sampai seram melihat statistik gol anak buahnya itu. Tiga gol itu membuat Haaland kini sudah mengoleksi 14 gol dari hanya delapan pertandingan. Jumlah golnya itu dua kali milik Harry Kane yang jadi pesaing terdekatnya di daftar top skor Premier League musim ini.

Secara keseluruhan, Haaland sudah mencetak 17 gol dari 11 laga di semua ajang. Ia juga membuat tiga assist, yang artinya ia sudah terlibat dalam proses terciptanya 20 gol hanya di 11 penampilan.

Ia turut mengukir catatan spesial, dengan menjadi pemain tercepat dalam sejarah Premier League untuk membukukan tiga hattrick. Haaland cuma butuh delapan kali tampil di kompetisi tersebut untuk mendapatkannya.

“Angka-angkanya sudah mengungkap semua. Saya harus mengatakan sesuatu. Dia sudah melakukan ini sebelumnya dia di sini, di Norwegia, di Austria, di Jerman. Dia mencetak gol-gol, jadi kami selalu mencoba untuk merangsangnya di lingkungan kami, cara bermain kami, dan mendapatkan gol-golnya. Dia punya rasa yang kuat terhadap gol. Dia selalu tampak lapar, dia sangat kompetitif. Kami senang dia mencetak gol-gol lain. Angka-angkanya mengerikan jujur saja,” kata Guardiola.

Haaland sendiri puas dengan kinerja lini serang timnya. Namun
penyerang asal Norwegia itu tak menampik ada hal-hal yang perlu ditingkatkan.

“Yeah, not bad. Kami mencetak enam gol. Apa lagi yang bisa saya katakan. Ini menakjubkan. Bisa menang di kandang, mencetak enam gol, menyenangkan. Anda bisa merasakannya sepanjang waktu. Anda bisa melihat umpan-umpan yang kami mainkan. Kami selalu ingin mengalirkan bola ke depan dan menyerang. Inilah yang saya sukai dari tim ini. Pada akhirnya, ini menakjubkan. Tidak ada lagi yang perlu dikatakan,”  ungkap Haaland kepada Sky Sports.

Sementara manajer MU Erik ten Hag menyebut timnya terlalu gamang di hadapan lawan. Penampilan buruk MU di babak pertama diakui Ten Hag menjadi penyebab kekalahan telak ini. Bruno Fernandes dkk disebutnya inferior dengan lawan, ditandai dengan minimnya permainan di periode ini.

“Simpel saja, kami kurang yakin. Anda tak bisa menang kalau tak yakin di lapangan, itu tidak bisa diterima. Kami tak disiplin dalam mengikuti aturan-aturan dan dihajar, itu yang terjadi kali ini. Buat saya ini mengejutkan. Kami tak mengambil inisiatif, kami tak berani saat menguasai bola, dan ada celah-celah untuk dimainkan namun kami tak cukup berani. Kredit buat City,”  kata Ten Hag kepada BBC.

Berkat  hasil ini, Manchester City kini mengumpulkan 20 poin di peringkat kedua klasemen Liga Inggris. Sementara Manchester United ada di posisi keenam dengan 12 poin. Peringkat pertama ditempati Arsenal dengan 21 poin.

Hasil laga lainnya adalah Southampton 1 – 2 Everton, West Ham United 2 – 0 Wolverhampton Wanderers dan Leeds United 0 – 0 Aston Villa.***

Vitus DP

Komentar