Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Manchester City Singkirkan  Liverpool

Sukacita pemain Manchester City saat mengalahkan Liverpool di Piala Liga Inggris.

MANCHESTER –  Manchester City menyingkirkan  Liverpool di Carabao Cup  atau Piala Liga Inggris. Dalam laga babak 16 besar  yang digelar di Etihad Stadium, Jumat (23/12) dinihari WIB itu,  City menang dengan skor 3-2.

Ini merupakan laga pertama kedua tim usai jeda internasional karena perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar. Aksi saling berbalas gol terjadi selama pertandingan. Pada babak pertama Man City mampu unggul lebih dulu melalui Erling Haaland (10’) dan Liverpool menyamakan kedudukan berkat gol Fabio Carvalho (20’).

Di babak kedua, Man City kembali berhasil unggul berkat gol cepat Riyad Mahrez (47’), namun Mohamed Salah kembali menyamakan kedudukan satu menit berselang. City pun sukses memastikan kemenangan berkat gol Nathan Ake (58’).

Manajer City, Pep Guardiola menyanjung timnya setinggi langit. Menurutnya,  The Citizens tidaklah mudah untuk meraih kemenangan pada laga berintensitas tinggi. Ia pun mengutarakan rasa puasnya atas penampilan kedua tim dalam laga ini.

“Itu adalah pertandingan yang bagus dan permainan yang menghibur. Pujian besar untuk para pemain atas cara mereka bermain,” kata Guardiola dilansir dari BBC.

Selain itu, Guardiola merasa senang karena kedua tim sama-sama bermain agresif meski beberapa dari mereka baru saja kembali dari Piala Dunia membela negara masing-masing.

“Setelah Piala Dunia dan lama tidak bermain, kedua tim bermain dengan intensitas yang sangat tinggi. Liverpool sangat sulit, ketika mereka bermain bagus, mereka bisa menghancurkan Anda. Namun kami kali ini sukses tampil dengan baik dan meraih apa yang kami inginkan,” kata Pep.

Secara khusus, Guardiola memuji performa Kevin De Bruyne. Gelandang asal Belgia itu memang tidak mencetak gol tetapi  menyumbang assist untuk gol Erling Haaland dan Nathan Ake.

Statistik mencatat De Bruyne menciptakan lima peluang dan dua peluang besar di laga melawan Liverpool. Akurasi operannya juga mencapai 86%.

“Hari ini dia luar biasa. Kevin sudah delapan tahun di sini, Anda tahu dia seperti saya, dia harus menemukan api yang tepat di dalam dirinya. Itulah energi di dalam dirinya. Ketika itu terjadi, pemain yang luar biasa: lari, memberi assist, mencetak gol, dia lebih dari sekadar pemain. Dia akan diingat selamanya sebagai salah satu pemain terhebat di klub ini,” ujar Guardiola seperti dilansir Guardian.

Ake, yang bersama Belanda melangkah sampai perempatfinal Piala Dunia 2022, menilai pertandingan melawan Liverpool terasa aneh. Kemenangan pun didapat City dengan tidak mudah.

“Seminggu terakhir terasa agak aneh, orang-orang kembali di waktu yang berbeda lalu langsung harus memainkan pertandingan intens melawan Liverpool dan ini tidak mudah. Mereka punya pemain-pemain top, kami harusnya lebih baik dengan gol tapi kami berhasil mencetak gol lebih banyak daripada mereka. Ada yang perlu diperbaiki, tapi untuk pertandingan pertama ini bagus,” ujar Ake kepada BBC Radio 5 Live.

Riyad Mahrez menegaskan ini menjadi bukti The Citizens sudah siap melanjutkan musim. “Selalu bagus untuk mencetak gol dan membantu tim menang. Secara keseluruhan kami sangat bagus hari ini dan pantas menang. Semua orang kembali dengan mentalitas yang sangat baik dan siap untuk memulai lagi. Itu adalah lawan yang sulit untuk memulai,” kata Mahrez kepada Sky Sports.

Manajer Liverpool Juergen Klopp menilai, gol-gol Manchester City seharusnya bisa dihindari. “Di 15 menit pertama, kami punya masalah nyata dan itu membunuh sedikit kepercayaan diri dan keyakinan kami. Kami kemasukan gol-gol yang sepenuhnya tidak perlu. Kami punya periode yang bagus dan bisa saja mencetak lebih banyak gol juga. Ini adalah sebuah hasil yang harus kami terima sekarang. Kami memainkan sebuah pertandingan yang bagus, tapi tidak cukup bagus untuk mengalahkan Man City pada laga ini,” kata Klopp kepada Sky Sports.

Bek kiri Liverpool Andy Robertson menyesalkan kelengahan-kelengahan yang juga memicu gol lawan. Pasalnya,  pada gol pertama, pergerakan Haaland tak terbaca dengan baik sehingga bisa menyerobot umpan silang dari De Bruyne. Lalu Mahrez juga lolos dan leluasa menyelesaikan umpan dari Rodri pada gol kedua.

“Ada hal-hal positif, kami bisa menciptakan peluang-peluang, terkadang kami tampak bagus saat menguasai bola, tapi ada kesalahan-kesalahan juga. Kami inginnya bertahan di kejuaraan ini, kami tahu seberapa besar kegembiraan yang hadir buat kami dari sini musim lalu. Ini sangat mengecewakan, tapi ketika kami melihat cuplikan-cuplikannya, kami akan mampu mengambil hal-hal positif,” ujarnya dikutip BBC

Dengan hasil ini,  Manchester City  selanjutnya berjumpa Southampton. Jadwal perempatfinal lainnya ,Manchester United vs Charlton Athletic,  Nottingham Forest vs Wolverhampton Wanderers dan  Newcastle United vs Leicester City.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media