Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Manchester City Lanjutkan Tren Kemenangan

Erling Halaand dan Joško Gvardio menghampiri Phil Foden yang mencetak gol ke gawang Brentford.

BRENTFORD –  Manchester City meneruskan tren kemenangan di Liga Inggris. Terbaru, City  menghempaskan tuan rumah Brentford dengan skor 3-1 di Stadion Gtech Community,  Selasa (5/2) dinihari WIB.

The Blades mengejutkan tim tamu setelah unggul lebih dulu berkat gol Neal Maupay  (21). Namun The Citizens langsung membalikkan keadaan usai Phil Foden mengemas hat-trick alias tiga gol (45+3, 53, 70).

Kemenangan  ini menandai kemenangan kelima berturut-turut Man City di kompetisi ini. Sang Juara bertahan berhak kembali ke peringkat dua besar klasemen dengan perolehan 49 poin, sama dengan Arsenal tapi unggul selisih gol.

City hanya terpaut dua poin dari Liverpool di puncak, tapi masih memiliki satu pertandingan sisa. Sedangkan Brentford menghuni peringkat 15 dengan perolehan 22 poin dari 22 pertandingan.

Usai kemenangan ini City langsung mengalihkan fokus ke laga selanjutnya yakni melawan Everton di Stadion Etihad, Sabtu (10/2). Manajer Pep Guardiola akan berusaha keras memulihkan tenaga anak asuhnya jelang laga tersebut.

“Saya hanya berusaha memulihkan tenaga pemain dan mempersiapkan diri menghadapi Everton. Saya tidak pernah berpikir tentang laju tersebut, hanya tentang memenangkan pertandingan berikutnya,” kata Guardiola dikutip dari BBC.

Manajer asal Spanyol itu mengakui Ivan Toney memiliki peran penting dalam aliran bola untuk Brentford mengejar ketertinggalan. Ia juga akan memperbaiki lini pertahanan sehingga mampu mencatatkan clean sheet di laga berikutnya. “Kami tahu Toney adalah penghubungnya dan mereka mengejar ketertinggalan. Kami akan mencoba untuk meningkatkannya,” kata Guardiola.

Kembali ke jalannya laga melawan Brentford,  penampilan Phil Foden begitu disukai Pep Guardiola. Gelandang Manchester City itu bisa bergerak amat efektif lalu menusuk dan ‘menghabisi’ lawan.

“Dalam hal bagaimana dia bergerak di ruang sempit, saya sudah melihat banyak pemain yang sangat bagus, tapi dampak yang diberikan Phil saat dia membawa bola ke sana, dia bisa mencetak gol,” kata Guardiola dilansir Manchester Evening News.

Pemain 23 tahun itu tahu cara menempatkan diri di posisi yang tepat, entah untuk bikin gol atau assist, menjadi pisau yang menusuk lawan dengan lembut tapi mematikan. Musim ini ia sudah berkontribusi dengan 11 gol dan sembilan assist di 33 penampilan seluruh ajang.

“Rasanya adalah dia bisa menembak atau membuat assist, sulit menemukan kombinasi untuk bergerak di kantung-kantung pertahanan lawan dan setelah itu bekerja seperti pisau dan bermain begitu agresif serta mencetak gol-gol. Saya baru melihat sedikit. Phil memberikan dampak terbesarnya buat tim. Dia membaca permainan dengan sangat baik, bagaimana dia bisa bermain simpel dan lebih agresif,” tutur Guardiola.

Persaingan gelar musim ini pun kian sengit.  Namun Foden mengaku Man City harus fokus ke setiap pertandingannya dan tak mau memikirkan terlalu jauh. Bahkan, ia menjelaskan Liverpool dan Arsenal akan terus memberikan tekanan kepada timnya dalam perebutan gelar.

“Kami harus menghadapinya pertandingan demi pertandingan dan tidak memikirkan terlalu jauh. Liverpool dan Arsenal terus menekan kami,” kata Foden, mengutip dari BBC.

Kemenangan Manchester City atas Brentford menyisakan catatan kurang bagus buat Erling Haaland. Striker Norwegia itu masih belum bisa menjebol gawang Si Lebah.
Sebelumnya penyerang 23 tahun itu sudah tampil sejak laga melawan Burnley akhir Januari lalu, setelah sempat absen hampir sebulan.

Melawan Brentford, Haaland urung bikin gol, saat City menang 3-1. Penyerang tajam The Citizens itu cuma bisa menyumbang assist buat gol ketiga timnya. Catatan itu membuat puasa gol Haaland melawan Brentford berlanjut. Sudah tiga kali mantan pemain RB Salzburg dan Borussia Dortmund itu tak bisa menjebol gawang The Bees.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media