International Media

Senin, 8 Agustus 2022

Senin, 8 Agustus 2022

Manchester City Kontra Liverpool di Community Shield

LEICESTER  –  Perhelatan Liga Inggris 2022/2023 dimulai pada Sabtu, 6 Agustus 2022. Sama seperti musim-musim sebelumnya, Liga Inggris akan dibuka dengan Community Shield, mempertemukan juara liga, Manchester City kontra pemenang Piala FA, Liverpool.

Laga Community Shield 2022 itu dijadwalkan berlangsung di Stadion King Power, Sabtu (30/7) pukul 23.00 WIB. Duel tersebut diprediksi berlangsung sengit karena kedua tim telah memperkuat skuad mereka di bursa transfer.

Di Inggris saat ini kedua tim boleh dibilang sebagai dua tim terkuat. Tim asuhan Pep Guardiola dan Juergen Klopp menjalani balapan dua kuda di Premier League musim lalu.

Man City melepas beberapa pemain kunci pada musim panas ini. Gabriel Jesus, Raheem Sterling, Fernandinho dan Oleksandr Zinchenko yang meninggalkan klub. Untuk memperkuat skuad, Erling Haaland dan Kalvin Phillips yang didatangkan.

Sementara itu, Liverpool melepas Sadio Mane, Takumi Minamino dan Divock Origi. Mereka mendatangkan Darwin Nunez dan Fabio Carvalho untuk memperkuat skuad.

Dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang, head to head  kedua tim berakhir imbang. Kevin De Bruyne dan kolega  menang sekali,  Mohamed Salah menang sekali dan tiga laga lainnya selesai imbang.

Laga nanti akan menjadi perjumpaan ke-25 antara Guardiola dengan Klopp dalam sepanjang karier sebagai manajer. Untuk sementara ini, Klopp unggul tipis dalam head to head dengan catatan 10 kemenangan, 5 hasil imbang dan 9 kekalahan.

Guardiola mengatakan, timnya sudah siap melakoni laga nanti. “Saatnya menuju laga pembukaan jelang Liga Inggris. Para pemain sudah siap menjalankan tugasnya dengan baik. Melawan Liverpool selalu menarik, pasti berjalan seru,” kata Guardiola di situs klub.

Di pihak lain Klopp yakin timnya akan meraih hasil lebih bagus dibanding musim lalu. Pasalnya, di musim 2021/2022 The Reds gagal meraih gelar Liga Inggris dan Liga Champions setelah tumbang di final.

“Tahun lalu kami bisa saja meraih hasil sedikit lebih baik, tetapi tidak terjadi. Hal baiknya, kami tahu harus melakukan perbaikan dan itu yang sedang kami lakukan,” kata Klopp dikutip dari situs web resmi klub.

Dalam sepanjang sejarah Community Shield,  The Citizens sudah 13 kali tampil. Hasilnya, tim Manchester Biru menang enam kali dan tujuh kali menelan kekalahan.

Terakhir kali City menjadi juara pada 2019. Mereka memetik kemenangan atas Liverpool. Dalam final pada 4 Agustus 2019, City bermain imbang 1-1 dengan Liverpool. Man City menang adu penalti 5-4 dari The Reds.

Community Shield Man City terakhir pada 2021, di mana mereka menelan kekalahan 0-1 saat berhadapan dengan Leiceseter City.

Dalam urutan daftar tim peraih gelar juara Community Shield, City ada di posisi keenam. Mereka masih kalah dari Manchester United (21), Arsenal (16), Liverpool (15), Everton (9) dan Tottenham Hotspur (7).

Community Shield nanti akan menjadi adu tajam antara Erling Haaland dengan Darwin Nunez jilid pertama. Keduanya merupakan highlight di bursa transfer Inggris musim panas ini.

Haaland ditebus dengan biaya 51 juta Poundsterling, tapi dengan tambahan komisi agen transfernya mencapai 85 juta Poundsterling. Sementara Liverpool membeli  Nunez itu dengan nilai transfer mencapai 85 juta Poundsterling.

Haaland tampil produktif bersama Borussia Dortmund musim lalu. Ada 29 gol dalam 30 pertandingan di semua ajang bersama Die Borrussen.

Haaland sudah menjalani debut bersama Man City. Hasilnya, dia menjadi penentu kemenangan The Citizens atas Bayern Munich dengan skor 1-0. “Untuk pertama kalinya saya menang melawan Bayern dan ini usai tujuh kekalahan beruntun. Kualitasnya bagus dan ini merupakan ujian sebenarnya menatap Liverpool di Community Shield,” kata Haaland di situs Manchester City.

Sementara Nunez menunjukkan performa bagus bersama Benfica musim lalu. Sebanyak 34 gol dicetak oleh pemain 23 tahun itu bersama tim Portugal itu di semua ajang.

Sempat dicibir karena melempem dalam dua pertandingan pramusim, Nunez meledak dengan mencetak empat gol saat Liverpool menang 5-0 atas RB Leipzig. “Saya akan selalu siap jika dipilih pelatih. Saya sudah  mulai menyatu dengan skuad yang ada di Liverpool dan kini antusias melawan City di Community Shield,” kata Nunez di situs klub.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga