Manchester City Genggam Piala Liga Inggris

Skuad Manchester City dengan trofi Piala Liga Inggris 2020/2021.

LONDON  – Manchester City tampil sebagai juara Piala Liga Inggris, usai mengalahkan Tottenham Hotspur, 1-0, dalam laga final yang berlangsung di Wembley, Minggu (25/4) malam WIB.

Manchester City tampil dominan sejak kick off dan menciptakan banyak peluang. Gol tunggal City dicetak Aymeric Laporte di menit ke-82. Sepak pojok Kevin de Bruyne disambut sundulan Laporte. 

Selain  tampil begitu dominan, City melepaskan 21 tembakan berbanding hanya dua milik Tottenham. Kemenangan ini juga dipetik di hadapan suporter yang kembali hadir di stadion.

Seperti diketahui, pemerintah Inggris mengizinkan pertandingan ini dihadiri 8 ribu penonton. Masing-masing klub diberi jatah 2 ribu penonton untuk suporter mereka, sementara 4 ribu sisanya merupakan warga lokal dan staf Dinas Kesehatan.

Keriuhan penonton di stadion mengobati rindu tim-tim yang bertanding, setelah praktis hampir setahun bertanding tanpa penonton karena pandemi Covid-19.

Keberhasilan Manchester City memenangi Piala Liga Inggris menghadirkan kegembiraan berlipat untuk Pep Guardiola. 

Ini merupakan titel Piala Liga Inggris keempat beruntun buat Man City. Dalam delapan musim terakhir, mereka enam kali menjadi kampiun di turnamen tersebut.

“Memang stadionnya tidak penuh, tapi ada kebisingan yang menyenangkan dari para suporter. Kali ini kami luar biasa senang karena kami meraih titel keempat beruntun di kompetisi ini. Kami sejak awal berniat memenangi pertandingan, menciptakan banyak sekali peluang,” ungkap  Guardiola seperti dikutip BBC.

Walau demikian, ia juga memuji penampilan Spurs. “Mereka punya sejumlah kesempatan dari serangan balik. Tapi secara umum, kami menjalani pertandingan yang bagus,” imbuh manajer asal Spanyol tersebut.

Ini jadi trofi pertama Manchester City pada musim 2020/2021. Mereka masih punya peluang untuk menambah gelar juara dari kompetisi lain.

Di Premier League, City berada di baris terdepan dalam perebutan gelar juara. Mereka memimpin klasemen Liga Inggris dengan 77 poin dan tinggal butuh tambahan lima poin untuk mengunci gelar menyusul hasil seri yang didapat Manchester United.

Sementara itu di Liga Champions, langkah Kevin De Bruyne dkk sudah sampai babak semifinal. City selanjutnya akan menghadapi Paris Saint-Germain di babak empat besar.

Aymeric Laporte berharap kesuksesan di Piala Liga Inggris mendongkrak rasa percaya diri Manchester City untuk mengejar gelar-gelar berikutnya.

“Ini sangat spesial buat kami setelah kami kalah di Piala FA. Kami perlu mendapat rasa percaya diri dan jalan terus. Hari ini sulit, mereka tim yang bagus. Ini tidak pernah mudah,” ujar Laporte kepada Sky Sports.

Ia pun meminta seluruh pemain menjaga momentum dan ritme permainan. ” Hari ini kami sangat baik. Dalam dua bulan terakhir kami sangat bagus. Kami harus menjaga ritme ini, untuk meraih lebih banyak gelar,” tegas Laporte.

City kini sudah mengoleksi total delapan gelar juara dari kompetisi ini.

Sementara itu, Spurs melanjutkan puasa gelarnya The Lilywhites sudah tak mencicipi piala sejak 2008.

Kala itu, The Lilywhites mengalahkan Chelsea 2-1 di babak final.

Selepas kesuksesan tersebut, Tottenham gagal total ketika melaju ke partai pamungkas. Klub asal London Utara itu kalah di tiga final Piala Liga Inggris, serta sekali menjadi runner up Liga Champions.  ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp