International Media

Kamis, 19 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022

Manchester City dan Liverpool Bersaing Ketat

Selebrasi pemain Manchester City usai Kevin de Bruyne (kanan) mencetak gol ke gawang Burnley.

BURNLEY – Manchester City kembali ke puncak klasemen Premier League. Kemenangan 2-0 atas Burnley membawa The Citizens menggeser Liverpool. Itu artinya persaingan antara City dan Liverpool kian ketat menuju akhir kompetisi.

Manchester City  mengalahkan Burnley di Turf Moor, Sabtu (2/4) malam WIB. Tim tamu sudah memimpin lewat Kevin de Bruyne pada menit kelima. Ilkay Guendogan menggandakan skor pada menit ke-25.

City  memang tampil sangat dominan sepanjang pertandingan, membuat Burnley tak bisa mengembangkan permainan. Mereka menguasai bola sebanyak 76,5% dan melepaskan 18 tembakan dengan sepertiganya mengarah ke gawang.

Tapi tak berarti pertandingan berjalan mudah. Beberapa kali Burnley mendapatkan momen bagus, selain itu kondisi lapangan juga menjadi tantangan tersendiri karena membuat bola bergulir lambat.

Manajer Man City Pep Guardiola menyebut bahwa gol cepat memudahkan timnya untuk menjalani laga sesuai skenario mereka. “Kami sudah menjalani laga semacam ini selama bertahun-tahun. Kami mencetak gol cepat jadi itu sangat membantu. Tapi pertandingannya tak pernah benar-benar selesai sampai gol ketiga atau keempat tercipta,” ujarnya dilansir BBC.

Ia juga mengaku permainan sedikit terhalang akibat kondisi lapangan. “Lapangannya sangat sulit, karena rumputnya tinggi, kering, dan bola jadi lambat. Tapi kami tampil baik dan menang. Partai Premier League berikutnya melawan Liverpool, jadi kami tahu mereka akan memenangi hampir semua laga mereka, semoga bukan yang berikutnya ini. Tapi kami akan mencoba melakukan hal yang sama,” kata Guardiola.

Kevin de Bruyne mengaku senang dengan kemenangan timnya. Apalagi Liverpool sudah memberikan tekanan di klasemen. Perbedaan satu poin, menuntut City untuk memenangkan pertandingan.

“Kemenangan ini sangat penting. Persaingan semakin ketat antara kami dengan Liverpool.  Kami tidak boleh lengah sedikit pun, setiap laga wajib kami menangkan. Kalau tidak, kami semakin sulit.  Pekan yang akan datang, kami menghadapi Liverpool, itu laga sulit. Kami harus siap,” ujar De Bruyne di situs klub.

Namun sebelum melawan Liverpool,  Man City harus bersiap menghadapi Atletico Madrid pada leg pertama perempatfinal Liga Champions. Setelah melawan Liverpool di Liga Inggris, Man City kembali melawan Atletico pada leg kedua Liga Champions. Kemudian dipertemukan dengan Liverpool lagi, namun pada ajang semifinal Piala FA.

Bek City, Kyle Walker  ternyata sangat menikmati persaingan tersebut. Dia menyebut momen ini belum pernah dirasakan selama karier sepakbolanya: menjalani dua laga penting secara beruntun.

“Kami harus mengerahkan semua orang. Para manajer dan staf pelatih bekerja keras di awal musim hingga sekarang. Semua orang penting, Anda tidak boleh membiarkan ada yang tersingkirkan dan tidak melakukan latihan dengan benar. Perlu permainan tim untuk memainkan banyak pertandingan seperti itu dalam beberapa hari ini. Dengan pentingnya permainan, semua orang harus seirama, memastikan moral meningkat, dan bermain dengan baik,” kata Walker kepada BBC Radio 5 Live.

Sementara manajer Liverpool Juergen Klopp meminta  skuadnya tidak jemawa, usai mengalahkan Watford 2-0 di Anfield, beberapa menit sebelum laga Burnley kontra Manchester City.

“Anda tidak bisa memberikan satu inci pun. Tapi, itu tidak ada hubungannya dengan berada di puncak klasemen, saya tidak memikirkannya (gelar) saat ini, saya hanya senang memenangkan pertandingan dan sekarang memiliki 72 poin,” kata Klopp, dilansir dari laman resmi Liverpool.

Namun, bukan berarti Klopp tidak menginginkan trofi paling manis di Tanah Britania itu. Hanya saja, ia kini menginstruksikan kepada skuadnya untuk santai dan fokus dalam meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. “Untuk bertahan dalam perburuan gelar, kami harus memenangkan pertandingan kami, jika tidak, itu akan sangat sulit. Dan, pertandingan Liga Inggris berikutnya jelas merupakan pertandingan besar, kami tidak menyembunyikannya,” kata Klopp.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga