Manchester City Butuh Satu Kemenangan untuk Raih Trofi

Para pemain Manchester City merayakan gol Sergio Aguero ke gawang Crystal Palace. (foto: ist)

LONDON –  Manchester City sukses mengatasi perlawanan tuan rumah, Crystal Palace pada  lanjutan Liga Inggris. Dalam laga di Selhurst Park Stadium, Sabtu (1/5) malam WIB itu, City menang 2-0.

            Laga itu sebenarnya tidak mudah bagi tim tamu. Di babak pertama, Crystal Palace mampu meredam perlawanan Manchester City.  Sergio  Aguero dan kolega bahkan tidak sanggup melepas tembakan ke gawang.

Baru setelah memasuki babak kedua, Manchester City tampil menggila. Dua gol cepat dibukukan lewat Aguero (57′) dan Ferran Torres (59′).

Manajer City Pep Guardiola memang sudah tahu  kalau timnya  bakal kesulitan menghadapi Crystal Palace.  Maka, kemenangan  itu begitu melegakan, mengingat tidak mudah bagi City untuk tampil  bagus di tengah jadwal yang padat. Sebab, City tiga hari sebelumnya baru saja melawat ke markas Paris Saint-Germain.

“Saya sangat puas. Selalu sulit setelah Liga Champions. Kami membuat banyak perubahan pemain. Para pemain kecewa karena mereka sangat ingin bermain, tapi mereka mampu tampil baik. Wajar kalau kami kesulitan di babak pertama, Anda butuh waktu dan harus sabar,” ujar Guardiola seperti dikutip BBC Sport.

Sergio Aguero (kanan) saat melewati hadangan pemain Crystal Palace. (Foto: ist)

 Pada laga ini, Guardiola juga harus merombak tim agar kondisi fisik timnya terjaga jelang leg kedua semifinal kontra PSG. Perjudian berhasil karena  City sekarang  hanya berjarak satu kemenangan dari gelar juara Liga Inggris.

“Dengan kualitas para pemain kami di lapangan, seharusnya kami bermain menyerang sejak awal seperti di babak kedua. Kami selangkah lebih dekat, satu laga lagi dan kami akan jadi juara. Crystal Palace bertahan sangat baik. Jaraknya begitu rapat, tapi kami mampu bertukar posisi lebih sering di babak kedua dan mencari celah. Kami lebih baik di babak kedua,” ujarnya.

Dengan tambahan tiga poin, City memimpin klasemen dengan 80 poin. Hampir pasti, Manchester United yang ada di urutan kedua, agak sulit untuk mengejar City. Dengan demikian, City bisa fokus penuh untuk meraih misi paling penting mereka, menjuarai LIga Champions.

Jika Liga Inggris dan Liga Champions bisa digenggam, maka gelar Treble Winners akan disematkan lagi untuk City setelah pekan lalu menjuarai Piala Liga Inggris.

Pencapaian ini terbilang luar biasa untuk Guardiola yang pernah meraih Treble Domestik pada 2018/2019. Tapi, jika melihat perjalanan City dan klub lainnya musim ini, Guardiola tidak suka karena sangat melelahkan.

 Pandemi virus korona membuat musim 2020/2021 baru dimulai sekitar pertengahan September, sehingga pertandingan jadi lebih padat. City nyaris harus melakoni tiga partai sepekan selama musim ini.

“Saya tidak bisa menikmati musim ini karena begitu banyaknya pertandingan. Otak terkadang butuh istirahat. Anda butuh menikmati hidup Sebelum ini, Anda berlatih 3-4 hari dan menunggu waktu bermain. Tapi, sekarang seperti rutinitas kantor saja,” ujarnya.

Guardiola juga senang Sergio Aguero akhirnya bisa bikin gol lagi. Kini Aguero akan diberi kesempatan melewati rekor Wayne Rooney.  Sebelumnya, tiga gol Aguero musim ini berasal dari titik putih. Wajar saja mengingat Aguero diganggu cedera dan Covid-19 sehingga baru tampil 16 kali di seluruh kompetisi.

 “Berapa kali dia melakukan gol seperti itu? Gol luar biasa, pemain yang luar biasa memang. Saya sangat mencintainya. Orang-orang memang tidak percaya kalau saya merindukannya. Kami memang tidak bisa sering memainkannya, tapi kami bisa memainkannya di saat yang tepat. Dia tahu punya kemampuan spesial,” ujar Guardiola.

Kini Aguero sudah mengumpulkan 182 gol  bersama Manchester City, terbanyak kedua untuk satu klub di belakang Rooney dengan 183 gol untuk Manchester United.

“Akhirnya saya bisa bermain, sangat gembira. Sudah lama sekali saya tidak bermain selama 90 menit. Apa yang saya butuhkan di kotak adalah satu atau dua sentuhan. Akhirnya saya mencapatkan golnya. Golnya  itu bagus karena mungkin kami bisa memenangi Premier League,”  kata  Aguero di BBC Sport.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp