Manchester City Berpeluang Raih 4 Trofi Musim Ini

MANCHESTER Manchester City  begitu  dominan musim ini.  City  sudah mencatatkan 19 kemenangan beruntun di seluruh kompetisi usai mengalahkan Borussia Moenchengladbach, 2-0 pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (25/2) dinihari WIB lalu.

Rentetan kemenangan City itu cuma berjarak empat laga dari rekor kemenangan beruntun Bayern Munich tahun ini. Di Liga Inggris, City bahkan tidak tertahan karena selalu menang sejak pertengahan Desember lalu. Kini mereka unggul 10 angka atas Manchester United di posisi kedua dan 16 poin atas juara bertahan Liverpool. Ada peluang untuk meraih Quadruple (empat trofi) jika mampu berjaya di final Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Lalu apa yang menyebabkan Manchester City dominan?

Manajer Pep Guardiola tak menampik fakta timnya  memang dominan musim ini. Tapi, hal itu diakui juga karena dukungan finansial yang kuat dari pemilik Citizens. Jangan heran,   mereka begitu dipuji karena kehebatannya tampil konsisten di tengah jadwal yang padat. Terkait hal itu, Guardiola mengakui kalau kekuatan  finansial ikut berperan.

Menurut Guardiola, City bisa  sekencang sekarang karena punya para pemain bintang, sehingga memudahkannya merotasi tim. Contoh saja saat mengalahkan Gladbach, City punya Sergio Aguero, John Stones, Kevin De Bruyne, Benjamin Mendy, Ferran Torres, dan Riyad Mahrez di bangku cadangan

Barisan belakang dan kiper Manchester City yang jadi starter melawan Gladbach bernilai 266,7 juta Pounds atau lebih dari Rp3 triliun.  “Kami punya banyak uang untuk membeli banyak pemain berkualitas. Tanpa pemain berkualitas, kami tidak bisa melakukannya. Pemain angat fantastis dan punya hubungan luar biasa. Mereka cuma ingin menang setiap turun bertanding,” ujar Guardiola  seperti dikutip Sky Sports.

Pep Guardiola  (kanan) dan Bernardo Silva. (ist)

Pep Guardiola  (kanan) dan Bernardo Silva. (ist)

City akan menghadapi West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (27/2) malam WIB.  Sergio Jesus dan kawan-kawan hanya memiliki masa pemulihan tidak kurang dari tiga hari setelah mengandaskan Borussia Moenchengladbach. Pendeknya masa pemulihan ini menjadi salah satu tantangan yang mesti mereka jawab.

Kemudian, tiga hari berselang setelah laga kontra the Hammers, City juga sudah harus kembali merumput guna menghadapi Wolverhampton Wanderers pada pekan ke-27 Liga Primer Inggris, awal pekan depan. City baru memiliki jeda antarlaga sedikit lebih panjang, sekitar empat hari, sebelum tampil menghadapi Manchester United pada pekan ke-28 Liga Primer Inggris, 7 Maret 2021.

Guardiola, sempat mengakui, saat ini dilema terbesarnya adalah soal pemilihan pemain yang tampil di starting line-up. Juru taktik asal Spanyol itu bahkan harus menunggu hingga detik-detik terakhir untuk menentukan skuad The Citizens.

”Saat ini, saya berpikir keras soal pemilihan pemain. Saya tidak bisa buru-buru menentukan karena saya masih harus tahu bagaimana kondisi mereka dan apa yang mereka rasakan,” ujar Guardiola.

Punggawa City, Bernardo Silva timnya siap menghadapi West Ham United. “Kami harus konsisten di setiap laga. West Ham sangat bagus, tetapi kami ingin meraih poin penuh. Saatnya kami terus melaju demi mengejar trofi musim ini,” kata Silva di situs klub.

Ia juga  mengomentari tentang performa timnya. Menurutnya, kunci kehebatan City musim ini adalah kokohnya lini pertahan. Man City memang begitu sulit ditembus musim ini dengan membuat 24 cleansheet.

 Jumlah cleansheet Manchester City musim ini sudah melampaui apa yang mereka torehkan sepanjang musim lalu dengan 23 cleansheet. Solidnya lini belakang ini menurut Silva menjadi modal utama Man City untuk memburu gelar di musim ini

“Itu adalah kunci untuk memenangkan kompetisi; dengan memiliki pertahanan yang solid, tim yang solid yang tidak membiarkan peluang atau gol lahir dari tim lawan. Kami senang dengan solidnya bek, penjaga gawang dan gelandang kami. Semua pemain saling membantu,”ujar Silva.

Jadwal Liga Inggris

Sabtu, 27 Februari 2021

19:30 WIB – Manchester City vs West Ham United

22:00 WIB – West Bromwich Albion vs Brighton and Hove Albion

Minggu, 28 Februari 2021

00:30 WIB – Leeds United vs Aston Villa

03:00 WIB – Newcastle United vs Wolverhampton Wanderers

19:00 WIB – Crystal Palace vs Fulham

19:00 WIB – Leicester City vs Arsenal

21:00 WIB – Tottenham Hotspur vs Burnley

23:30 WIB – Chelsea vs Manchester United

Senin, 1 Maret 2021

02:15 WIB – Sheffield United vs Liverpool. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp