Manchester City Belum Terkalahkan di Liga Champions

Para pemain Manchester City saat menyingkirkan Borussia Dortmund. (Foto ist)

DORTMUND  –  Manchester City sanggup comeback untuk mengalahkan Borussia Dortmund 2-1, pada leg kedua babak perempatfinal Liga Champions di Signal Iduna Park, Kamis (15/4) dinihari WIB.

The Citizens tertinggal lebih dulu lewat gol Jude Bellingham, namun kemudian bangkit membalikkan keadaan berkat penalti Riyad Mahrez dan gol Phil Foden. Manchester Biru pun unggul agregat 4-2 dan melaju semifinal.

Mahrez sadar bahwa City banyak buang-buang peluang. Di sepanjang pertandingan, ada 15 attempts yang dilakukan City, enam lainnya melenceng dan satu membentur mistar.

“Kami tak memulai laga dengan baik, tapi setelah itu kami benar-benar mengendalikan permainan dengan sangat baik dan kami layak menang dengan lebih banyak gol. Selalu ada tekanan saat mengambil penalti, di perempatfinal Liga Champions lebih besar lagi,”  kata Mahrez di situs UEFA.

Sementara bagi Pep Guardiola, ini untuk pertama kali ia  mengantar Manchester City menembus semifinal ajang bergengsi ini. Ia begitu senang dengan capaiannya tersebut. Sebelumnya, Man City sejak dibesut oleh Guardiola pada 2016 tak pernah menyentuh semifinal Liga Champions. Pada musim 2016/2017, kiprah City terhenti di 16 besar.

Sementara, tiga musim berikutnya pada 2017/2018, 2018/2019, 2019/2020 secara berturut-turut langkah Man City di Liga Champions bersama Guardiola hanya perempatfinal.

Bagi City, ini adalah kali kedua melaju hingga babak semifinal di Liga Champions. Pertama  terjadi pada 2015/2016. Kala itu, City dibesut oleh Manuel Pellegrini.

“Saya sangat senang dengan klub, pemilik dan para suporter. Ini adalah kali kedua klub mencapai semifinal. Ini memang bukan sebuah sejarah untuk tim, tapi kami berusaha untuk membangun itu. Saya sangat senang berada di semifinal, menjadi salah satu dari empat tim terbaik di Eropa. Kami akan melawan tim besar dan kuat. Kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik,” ujar Guardiola dikutip dari BBC.

City menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga Champions 2020/21. Dalam 10 pertandingan yang sudah dilakoni, City meraup sembilan kemenangan dan sekali seri.

Di dalam laju bagus itu, Sergio Aguero dan kawan-kawan  menceploskan 21 gol ke gawang lawan dan hanya kemasukan tiga gol saja, dan sebanyak tujuh clean sheet dibukukan.

“Ini adalah sebuah momen yang bagus untuk kami semua, terutama para pemain. Kami tidak bisa lupa, selama lima tahun bersama, kami sudah tersingkir empat kali,” kata Guardiola.

Keberhasilan Man City menyingkirkan Die Borussen juga terus menjaga asa mereka untuk meraih quadruple atau empat gelar dalam satu musim. Pasalnya selain lolos ke semifinal Liga Champions, City kini juga memuncaki Liga Inggris, melaju ke semifinal Piala FA dan bakal berlaga di final Piala Liga Inggris.

Meski demikian,  Guardiola justru enggan sesumbar soal gelar. Ia menegaskan fokusnya saat ini adalah untuk membawa Man City memenangi setiap laga di sisa musim ini.

“Kami tidak ingin berbicara tentang empat gelar. Kami hanya berusaha memenangkan satu pertandingan dalam satu waktu. Inilah yang harus kami lakukan: sederhana, tidak ada hal yang rumit soal itu,” ujar  manajer asa Spanyol.

The Citizens memang sudah ditunggu lawan-lawan berat untuk mewujudkan keinginan untuk meraih quadruple. Di semifinal Liga Champions, mereka sudah Paris Saint-Germain.

Sementara, Chelsea bakal mengadang Man City di babak semifinal Piala FA. Di Piala Liga Inggris, Manchester Biru harus lebih dulu mengandaskan perlawanan Tottenham Hotspur di babak final untuk menjadi juara.

Man City juga belum sepenuhnya aman meraih gelar Liga Inggris meski kini kokoh di puncak klasemen dengan 74 angka. Mereka unggul 11 angka dari Manchester United di urutan kedua. Man City masih harus menjalani enam laga sisa dan segala hal masih mungkin terjadi.

Selengkapnya laga semifinal: Real Madrid kontra Chelsea dan Paris Saint-Germain  kontra Manchester City. Leg pertama dilansungkan pada 27-27 April 2021 waktu setempat dan leg kedua dihelat pada 4-5 Mei 2021 waktu setempat.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp