Monday, 24 June 2024

Search

Monday, 24 June 2024

Search

Mampukah Timnas Indonesia Atasi Thailand?

Shin Tae-yong dan Alexandre Polking bersama perwakilan pemain Indonesia dan Thailand, jelang laga Kamis (29/12).

JAKARTA – Timnas Indonesia akan menjalani laga ketiganya di Piala AFF 2022 melawan tim kuat Thailand, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12) sore WIB.

Tim Garuda biasanya selalu kesulitan saat menghadapi Thailand. Maka patut ditunggu, apakah  Asnawi Mangkualam  dan kawan-kawan sanggup mengatasi perlawanan Tim Gajah Putih di laga nanti?

 Menilik dua laga sebelumnya, finishing Skuad Garuda kini wajib lebih gereget lagi. Pemenang dari laga ini akan mendapat garansi lolos ke semifinal.

Thailand jelas punya kualitas berbeda dibandingkan kedua lawan sebelumnya. Peluang sekecil apa pun bisa menjadi pembeda. Untuk itu  Timnas Indonesia harus punya finishing lebih baik, jangan lagi buang-buang peluang.

“Ya alasannya adalah performa pertandingan belum meningkat. Masalah seperti itu  tentu diperbaiki, bukan cuma itu saja tapi fokus pemain juga akan menjadi lebih baik,” kata pelatih Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan keterangan mengenai masalah finishing timnya, Rabu (28/12).

Dari sembilan gol yang sudah disarangkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, baru tiga di antaranya yang dicetak oleh barisan striker. Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic dan Ramadhan Sananta masing-masing menyumbang sebiji gol. Sementara enam gol lainnya lahir dari pemain-pemain lini kedua.

“Saat ini semua pemain terhitung bermain baik dalam pertandingan, apalagi tim kita sudah mencetak sembilan gol dalam dua pertandingan. Saya tidak terlalu mementingkan bahwa striker yang harus mencetak gol. Tapi yang penting apakah pemain bekerja maksimal atau tidak, dan saat ini Sananta dan Spaso sangat bekerja keras, begitu juga dengan pemain yang lain,”  kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga  berjanji menghapus rekor buruk tatkala bersua Thailand.  Pasalnya,  ia tidak pernah memenangkan laga kontra Thailand sejak menjadi pelatih Timnas Indonesia.

“Setelah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, memang saya tidak pernah menang lawan Thailand. Sebelumnya, memang tidak dapat kontrol Timnas dengan baik karena ada faktor lain dan situasi kurang mendukung.  Sekarang sudah setahun lebih, sudah normal semua karena bisa kontrol tim dengan baik. Jadi, sekarang sudah lebih baik dari segi kekompakan tim dan pemain. Sekarang saya bisa tegaskan, masyarakat boleh percaya dengan Timnas saat ini,” kata Shin Tae-yong.

Bek sayap sekaligus kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam memastikan jika timnya akan tampil maksimal di lagan anti. “Tentunya di laga nanti kami akan main maksimal. Kami tahu juga kami main di kandang, banyak suporter datang. Kami janji semua pemain akan memberikan penampilan yang terbaik,” kata Asnawi dalam konferensi pers, Rabu (28/12).

Pemain Ansan Greeners itu mengatakan timnya tidak mau hilang poin dalam laga nanti. Oleh dikarenakan, publik sepakbola Indonesia pastinya berharap Skuad Garuda bisa meraih kemenangan. “Kami tidak akan mengecewakan masyarakat Indonesia. Laga lawan Thailand ini begitu dinantikan semua. Kami siap beri hasil maksimal. Semua pemain dalam kondisi baik dan siap main,” tandas Asnawi.

Sementara itu pelatih Thailand Alexandre  Polking begitu percaya diri mengantar Thailand menjuarai Piala AFF lagi. Gajah Perang – julukan Timnas Thailand – bersiap untuk meraih gelar ketujuh di pentas sepakbola antarnegara Asia Tenggara ini dan tentu saja juga mengalahkan Indonesia.

“Ambisi kami selalu jelas, yaitu memenangi turnamen ini apalagi sudah juara enam kali di ajang ini. Kami siap memenangi gelar ketujuh sekarang. Kami punya cukup pemain berkualitas untuk melakukan itu. Itu (demi) juara lagi,” kata Polking dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (28/12).***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media