Makedonia Utara Bikin Keajaiban

Goran Pandev (10) saat melawan Jerman. (foto ist)

DUISBURG –  Makedonia Utara secara mengejutkan  menggilas Jerman pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J, yang berlangsung di Schauinsland-Reisen Arena, Kamis (1/4) dinihari WIB.

            Die Mannschaft tertinggal lebih dulu setelah kemasukan gol dari pemain senior Makedonia Utara, Goran Pandev, di akhir babak pertama.

Gol balasan Jerman dicetak Ilkay Guendogan dari titik putih setelah jeda permainan. Eljif Elmas menjadi mimpi buruk Jerman. Elmas mencetak gol kemenangan Makedonia Utara pada enam menit terakhir pertandingan.

 Goran Pandev menilai hal itu adalah sebuah keajaiban. Pasalnya, ia  tak menduga jika negaranya bisa mengalahkan Jerman.  “Terkadang keajaiban terjadi dalam sepakbola. Sebuah keberanian dibarengi kebahagiaan,” tulis Pandev di akun Instagram pribadinya.

Ia mengatakan, setiap tim tidak boleh menyerah dalam setiap laga.  “Dengan perjuangan, keringat, dan hati di lapangan, generasi ini layak dan pantas dihormati,” striker milik klub Genoa itu menegaskan.

Pelatih Makedonia Utara Igor Angelovski mengungkapkan kegembiraannya, bisa mengalahkan sang raksasa. “Para pemain ini telah membuat Makedonia Utara bangga melawan pemenang empat gelar Piala Dunia dan tiga kejuaraan Eropa. Kami tidak pernah mengalahkan tim yang punya begitu banyak gelar. Sekarang, kami harus beristirahat karena apa yang telah kami capai masih belum tertanam ” kata Angelovski, dilansir BBC.

Ia menambahkan, hasil ini tentu memberikan motivasi bagi timnya dalam menghadapi laga-laga selanjutnya. “Ketika Anda berada di lapangan, Anda tidak boleh minder terhadap lawan. Tentu hasil ini memberi kami motivasi dalam menghadapi setiap lawan,” tandasnya. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp