International Media

Minggu, 22 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022

Maguire Kembali Jadi Kambing Hitam

Harry Maguire, Pemain MU.

LIVERPOOL –  Harry Maguire dicap sebagai kambing hitam dalam kekalahan 0-4 Manchester United (MU) dari Liverpool pada laga lanjutan Liga Inggris di Anfield, Rabu (20/4) dinihari WIB. Ia dianggap bersalah atas terjadinya dua gol lawan.

MU sudah kebobolan saat laga baru berlangsung lima menit. Pemain anyar Luis Diaz menaklukkan penjagaan David de Gea untuk membuka keunggulan Liverpool 1-0.

Positioning Maguire atas gol itu disorot tajam. Maguire keluar dari garis pertahanan Setan Merah dengan maksud menutup ruang Sadio Mane. Sayangnya, Maguire tidak cukup dekat dengan pemain lawan sehingga Mane bisa dengan leluasa mengirim umpan kepada Mohamed Salah.

Selanjutnya, pertahanan MU hanya menyisakan dua pemain yang harus berhadapan dengan tiga pemain ofensif The Reds. Salah kemudian menyodorkan bola mendatar kepada Diaz yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Pada menit ke-22, giliran Salah mengukir namanya di papan skor untuk memperbesar keunggulan Liverpool menjadi 2-0 sampai akhir babak pertama. Usai turun minum, Mane menciptakan gol ketiga Liverpool di menit ke-68.

Mohamed Salah melengkapi dominasi Liverpool dengan gol di enam menit terakhir waktu normal permainan. Pada gol itu, positioning Maguire kembali dipertanyakan.

Dalam situasi serbuan Liverpool, Diogo Jota dari sayap kiri melepaskan umpan mendatar. Maguire justru bergerak maju dari posisinya sehingga gagal menciptakan perangkap offside. Salah sukses menerima operan Jota lalu menuntaskan dengan tembakan cukilan yang memperdaya De Gea.

Eks kapten MU, Roy Keane memberikan kritikan. Maguire dinilai tak pantas bermain untuk MU dengan performa buruk di jantung pertahanan. “Harry Maguire -pada gol terakhir- umpannya dan caranya bertahan tak bisa diterima, tak cukup bagus untuk Manchester United. Jadi, kami harus menggunakan kata itu lagi, membangun kembali. United ada di posisi keenam dan itu tak bisa dipercaya,” kata Keane di BBC.***

Vitus DP

Komentar