Saturday, 15 June 2024

Search

Saturday, 15 June 2024

Search

Madrid Pastikan Ikut Piala Dunia Antarklub

Carlo Ancelotti dan pemain Real Madrid saat menjuarai Liga Champions belum lama ini.

MADRID – Real Madrid memastikan ikut serta di Piala Dunia Antarklub 2025.Sebelumnya, Los Blancos sempat dikatakan tidak akan tampil. Los Blancos, sebagai juara Liga Champions 2023/2024 akan ikut dalam ajang yang menggunakan format baru itu.

“Real Madrid C. F. mengumumkan bahwa pada saat ini keikutsertaan di Piala Dunia Klub baru yang baru, yang digelar FIFA pada musim 2024/2025, tak perlu dipertanyakan lagi. Oleh karena itu, klub akan bersaing, seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya, pada kompetisi resmi ini yang kami tatap dengan penuh antusiasme yang luar biasa untuk membuat jutaan pendukung kami di seluruh dunia bisa bermimpi lagi memenangkan gelar baru,”  tulis pernyataan Madrid dalam situs resminya.

Sebelumnya, keikutsertaan Madrid di Piala Dunia Antarklub musim depan dipertanyakan. Sebab, pelatih Carlo Ancelotti sempat mengatakan bahwa Vinicius Junior dan kolega tidak akan berpartisipasi di ajang itu.

Alasannya, FIFA dianggap cuma mengeruk uang dari ajang itu. Terlebih, format baru akan diterapkan, yang bakal menambah jumlah pertandingan.

Pada Piala Dunia Antarklub 2025, jumlah tim akan bertambah menjadi 32 tim. Empat juara Liga Champions edisi terakhir yakni Real Madrid, Chelsea dan Manchester City lolos otomatis ke ajang itu. Edisi 2024 masih akan menggunakan format lama, yakni enam klub juara dari masing-masing konfederasi akan diadu.

Total, akan ada 12 klub Eropa yang berlaga, ditambah tim yang lolos lewat peringkat klub UEFA dalam empat tahun terakhir.

Tim Eropa itu akan diadu oleh 4 klub Asia, 4 klub Afrika, 6 klub CONMEBOL, 4 CONCACAF. Sementara satu klub Oseania mendapat satu jatah, dan sisanya diberikan kepada klub MLS Amerika Serikat, selaku negara tuan rumah.

Sebanyak 32 klub itu akan terbagi menjadi 8 grup, yang masing-masing diisi empat klub. Dua tim teratas akan lolos ke 16 besar, dan bertahap melaju sampai final.

Terkait komentar Carlo Ancelotti,  jurnalis Fabrizio Romano menyebut ada yang.memelintir. Romano menyebut  Ancelotti tak bermaksud mengatakan Madrid menolak Piala Dunia Antarklub 2025.

“Dalam wawancara saya bersama Il Giornale, kata-kata saya soal Piala Dunia Antarklub FIFA tidak diartikan seperti yang saya inginkan. Tidak ada maksud dari saya untuk menolak kemungkinan memainkan turnamen, yang menurut saya justru bisa menjadi peluang besar untuk terus berjuang meraih gelar besar bersama Real Madrid,”  katanya.

Bulan lalu, asosisasi pemain dunia Fifpro dan Asosiasi Liga Dunia (WLA), yang mencakup para pemain Premier League, melancarkan protes pada FIFA. Mereka merasa tidak diajak berkonsultasi mengenai rencana perubahan format Piala Dunia Antarklub.

Fifpro dan WLA meminta FIFA untuk menjadwal ulang turnamen tersebut. Mereka juga mengancam akan mengambil tindakan hukum jika FIFA menolak.

CEO Premier League Richard Masters sebelumnya mengatakan bahwa kalender sepak bola akan “mencapai titik kritis” dengan jumlah pertandingan yang dijadwalkan FIFA dan UEFA.

Namun, Presiden FIFA Gianni Infantino bergeming. Ia malah meminta Fifpro dan WLA menghentikan “perdebatan sia-sia” tersebut. “Bahkan dengan Piala Dunia Antarklub FIFA yang baru dengan 32 tim dan 63 pertandingan setiap empat tahun, itu hanya 1% dari jadwal pertandingan yang harus dilakoni klub-klub top dunia. Semua pertandingan lainnya, 98, 99%, diselenggarakan oleh berbagai liga, asosiasi, konfederasi, oleh Anda semua. Dan itu bagus. Hanya 1 atau 2% pertandingan yang diselenggarakan FIFA yang mendanai sepak bola di seluruh dunia,” kata Infantino.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media