Thursday, 13 June 2024

Search

Thursday, 13 June 2024

Search

Madrid Melaju Ke Final Piala Dunia Antarklub

Vinicius Junior (tengah) saat memperdayai kiper Al Ahly, Mohamed El Shenawy.

RABAT – Real Madrid lolos ke partai final Piala Dunia Antarklub 2022 usai mengalahkan wakil Mesir, Al Ahly 4-1 pada babak semifinal yang berlangsung di Prince Moulay Abdellah Stadium, Kamis (9/2) dinihari WIB.

Gol-gol Madrid dibuat Vinicius Junior, Federico Valverde, Rodrygo dan Sergio Arribas. Al Ahly mencetak gol hiburan lewat penalti Ali Maaloul. Di final Madrid bertemu Al Hilal di stadion yang sama, Minggu (12/2) dinihari WIB.

Madrid yang tampil tanpa sejumlah pemain intinya seperti Thibaut Courtois, Ferland Mendy, Eder Militao dan Karim Benzema bermain agresif sejak menit awal. Mereka menekan pertahanan Al Ahly tapi beberapa kali kesulitan menciptakan peluang emas di pertahanan Al Ahly.

Al Ahly mendapat peluang di menit ke-19 lewat Mohamed Sherif namun tembakannya masih melayang di atas mistar.

Peluang emas pertama Madrid tercipta di menit ke-28 kala Vinicius Junior mendapatkan bola terobosan dari Rodrygo. Namun, sudut tembakan terlalu sempit sehingga bola melebar.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan Madrid 1-0 lewat gol Vinicius di menit ke-43. Lini belakang Al Ahly gagal menyapu bola dan direbut Vinicius yang menuntaskan lewat sepakan chip ke gawang Mohamed El-Shenawy.

Di babak kedua, Madrid langsung menggandakan skor di menit ke-47. Federico Valverde mencatatkan namanya di papan skor setelah menendang bola hasil rebound sepakan Rodrygo.

Al Ahly mendapat penalti pada menit ke-65 setelah Hussein El Shahat dijatuhkan Camavinga. Eksekusi Ali Maaloul mengecoh Andriy Lunin dan bola mengarah ke pojok atas gawang.

Madrid mendapat penalti pada menit ke-84 setelah Vinicius dijatuhkan di kotak terlarang. Laga sempat tertunda beberapa menit karena wasit harus melihat VAR sebelum memberikan tendangan 12 pas kepada Madrid. Sayangnya, eksekusi Luka Modric gagal karena El-Shenawy mampu membaca arah bola.

Madrid menambah gol ketiga dari Rodrygo pada menit ke-91. Pemain Brasil itu mendapat umpan tumit Dani Ceballos dan menuntaskan lewat chip melewati kiper. Lalu pemain pengganti Sergio Arribas memastikan kemenangan 4-1 Madrid lewat sepakan terukur di menit ke-98.

Yang disorot dari laga itu, di mana Real Madrid kembali gagal mencetak gol lewat penalti. Pada laga sebelumnya, Madrid juga gagal mencetak gol dari titik putih saat kalah 0-1 dari Mallorca di Liga Spanyol. Kala itu, tendangan eksekusi Marco Asensio yang bisa ditepis kiper lawan.

Empat pemain Madrid tercatata sudah empat kali gagal mencetak gol dari penalti di musim ini. Mereka adalah Karim Benzema, Eden Hazard, Asensio dan terakhir Modric.

Meski demikian, pelatih Madrid, Carlo Ancelotti tak risau Modric gagal penalti di laga melawan Al Ahly. Ia mengatakan hal itu wajar terjadi. Kegagalan ini tak mengubah pandangan Ancelotti soal Modric yang tetap akan jadi penendang penalti untuk Madrid.

“Terkadang Anda bisa gagal. Luka selalu melakukannya dengan sangat baik. Kami harus memilih yang terbaik untuk mengambilnya dan saya cukup yakin siapa penendang penalti terbaik: Karim, Modrić dan Asensio. Sangat sulit untuk berlatih penalti karena faktor suasana pertandingan tidak dapat ditiru dalam sesi latihan,” ujar Ancelotti dikutip dari situs Madrid.

Terlepas dari hal itu, ada yang patut diapresiasi yakni penampilan Vinicius Junior. Ia   semakin oke meski sedang menerima aksi rasial. Dia malah menjadi man of the match di laga tersebut.

Ancelotti pun memuji penampilan Vinicius. Pemain berusia 22 tahun itu dinilai memang punya kualitas bagis. “Saya senang karena dia memainkan permainan yang bagus. Dia produk yang bagus, menunjukkan kualitasnya dan mencetak gol. Sedikit demi sedikit dia kembali,” kata Ancelotti.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media