Luhut Apresiasi Peran Penting Dubes Xiao Qian dalam Menjembatani dan Menjalin Hubungan Baik Kedua Negara

Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian (kanan) dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan.

DUBES XIAO QIAN SAMPAIKAN SALAM PERPISAHAN KE MENKOMARVES LUHUT B PANDJAITAN

JAKARTA–Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian Kamis (16/9) lalu melakukan telepon perpisahan dengan Kepala Kerjasama Indonesia-Tiongkok sekaligus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan.

Dubes Xiao Qian berterima kasih kepada Luhut B Panjaitan karena menaruh perhatian besar terhadap hubungan Tiongkok-Indonesia serta memberikan dukungan penuh terhadap kinerja Kedubes Tiongkok di Indonesia.

Dubes Xiao Qian menyatakan di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo, kondisi politik Indonesia stabil, ekonomi sejahtera dan masyarakat harmonis. Juga telah mencapai berbagai prestasi berkelas dunia. Khususnya dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia meresponnya  secara aktif dan mantap serta meraih hasil yang signifikan.

Di bawah kepemimpinan bersama Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, Tiongkok dan Indonesia secara komprehensif mengintegrasikan inisiatif “Belt and Road” dan konsep “Poros Maritim Dunia”.

Selain itu juga secara aktif mendorong pembangunan berbagai proyek besar seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Regional Comprehensive Economic Corridor, “Two Countries Twin Park” dan lainnya. Juga memperdalam kerjasama keamanan politik, interaksi humaniora serta kerjasama pragmatis berbagai bidang lainnya.  Serta terus memperdalam kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara.

Di bawah dorongan bersama State Councilor Wang Yi dan Menko Luhut B Pandjaitan, The 1st Meeting of the China-Indonesia High-level Dialogue Cooperation Mechanism sukses diselenggarakan Juni 2021 ini sekaligus menentukan lima bidang utama kerjasama yakni politik keamanan, anti-epidemi dan kesehatan masyarakat, perdagangan dan investasi, interaksi humaniora, kerja sama maritime dan lainnya. Untuk merancang cetak biru pengembangan hubungan kedua negara di masa pandemic Covid-19 dan di masa mendatang serta kerjasama pragmatis berbagai bidang.

Dubes Xiao Qian menyatakan dalam kondisi pandemic ini, kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi antara kedua negara telah mempertahankan momentum pembangunan yang baik. Pada semester pertama tahun ini, volume perdagangan bilateral antara Tiongkok dan Indonesia mencapai 53,57 miliar dolar AS atau meningkat lebih dari 50% dibandingkan tahun sebelumnya.

Investasi langsung Tiongkok di Indonesia mencapai 1,11 miliar dolar AS atau meningkat hampir 20% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kerja sama vaksin telah menjadi new-highlight hubungan Tiongkok-Indonesia. Sekaligus menunjukkan tiga karakteristik penting yakni pasokan besar, kerjasama komprehensif serta wilayah sekitarnya.

Pihak Tiongkok amat menaruh perhatian penuh terhadap pengembangan hubungan dengan Indonesia serta  selalu menganggap Indonesia sebagai prioritas arah diplomasi negara sekitar.

Pihak Tiongkok juga bersedia berperan aktif bersama dengan pihak Indonesia untuk sepenuhnya mengembangkan peran dalam mekanisme kerja sama dan dialog tingkat tinggi serta mendorong kerjasama di lima bidang utama. Juga terus memperkaya konsep hubungan mitra strategis komprehensif antara kedua negara sekaligus mensejahterakan kedua negara dan rakyat kedua negara. Sekaligus mendorong perdamaian, kestabilan serta kemakmuran kawasan regional dan global.

Luhut B Pandjaitan mengapresiasi positif tren perkembangan hubungan kedua negara yang baik sekaligus mengapresiasi peran penting Dubes Xiao Qian  sebagai jembatan dan tali pengikat hubungan kedua negara.

Luhut menambahkan pada Juni 2021 lalu Indonesia dilanda gelombang kedua pandemic Covid-19.

Pemerintah Tiongkok dan berbagai kalangan masyarakat Tiongkok memberikan bantuan tepat pada waktunya. Menyumbangkan sejumlah besar bantuan logistik yang sangat dibutuhkan seperti vaksin, obat-obatan dan peralatan medis.

Saat ini kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia telah membaik secara signifikan. Hal tersebut tak lepas dari bantuan tanpa pamrih pihak Tiongkok. Untuk itu dirinya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada pemerintah Tiongkok dan berbagai lapisan masyarakat Tiongkok.

The 1st Meeting of the China-Indonesia High-level Dialogue Cooperation meraih berbagai macam hasil. Pihak Indonesia bersedia berperan aktif bersama dengan pihak Tiongkok untuk mendorong implementasi berbagai hasil pertemuan. Sekaligus mendorong perkembangan berkelanjutan hubungan kedua negara. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp