Luar Biasa,Presiden Jokowi Lantik Gubernur Kepri 4 Kali dalam 5 Tahun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik gubernur dan wakil gubernur di tiga provinsi hasil Pilkada serentak tahun 2020. Ketiga gubernur dan wakil gubernur itu berasal dari Sumatera Barat (Sumbar), Kepulauan Riau (Kepri) dan Bengkulu./ist

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kurun waktu lima tahun ini, ternyata sudah empat kali melantik Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) . Ini merupakan pelantikan paling banyak di antara gubernur daerah lainnya.

Gubernur Kepri pertama yang dilantik Jokowi dalam lima tahun terakhir ini adalah HM Sani. Namun dua bulan setelah menjabat HM Sani tutup usia.

Kemudian Gubernur Kepri kedua yang dilantik Jokowi adalah Nurdin Basirun. Namun, Nurdin Basirun harus lengser dari jabatannya karena terjaring operasi tangkap tangan (OTT) atas dugaan kasus suap dana izin reklamasi di Tanjung Piayu, Batam.

Selanjutnya Gubernur Kepri ketiga yang dilantik Jokowi adalah Isdianto yang menggantikan Nurdin Basirun pada tahun 2020 lalu.

Kemudian, Kamis (25/2), untuk keempat kalinya Jokowi melantik Gubernur Kepri yakni Ansar Ahmad. Dimana Ansar Ahmad dilantik bersama wakilnya yakni Marlin Agustina.

Keduanya ditetapkan sebagai pemenang pilkada setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan sengketa hasil pilkada. Pasangan ini menang dengan perolehan suara 308.553. Pasangan ini dilantik bersama Gubernur dan Wagub Sumbar serta Bengkulu di Istana Negara. pasangan ini dilantik berdasarkan Keppres No.40/P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp