Liverpool Vs Milan Panaskan Anfield

LIVERPOOL – Liverpool melakoni laga berat melawan  AC Milan pada laga matchday pertama Grup B Liga Champions yang berlangsung di Stadion Anfield,  Kamis (16/11) pukul 02.00 WIB. Moral bertanding kedua tim akan tinggi.

Liverpool dan AC Milan punya dua momen bersejarah: “Miracle of Istanbul” dan “Miracle of Athena”. Pada 2005, kedua tim berjumpa di partai final Liga Champions. Dalam laga di Stadion Ataturk, Istanbul, AC Milan unggul sejak menit pertama melalui gol sang kapten Paolo Maldini.

I Diavolo Rosso menambah 2 gol lewat bomber asal Argentina, Hernan Crespo. Skor 3-0 untuk AC Milan bertahan hingga babak pertama usai.

Hingga jelang akhir laga, kemenangan AC Milan sudah tampak di depan mata. Namun demikian, The Reds menunjukkan come back epik, mencetak 3 gol hanya dalam rentang 6 menit sebelum babak kedua berakhir.

Gol-gol Liverpool dicetak oleh Steven Gerrad, Vladimir Smicer serta Xabi Alonso. Saat perpanjangan waktu, skor masih bertahan sama kuat. Oleh sebab itu, pemenang diputuskan lewat adu penalti. Dalam kesempatan tersebut, The Reds akhirnya jadi kampiun Liga Champions 2005 usai menang 3-2 via babak tos-tosan.

Dua tahun berselang di Yunani, kedua tim bertemu kembali di final 2007. Dalam laga yang digelar di Stadion Olimpiade, Athena, Rossoneri bertekad balas dendam atas kekalahan menyakitkan di Istanbul.

AC Milan memimpin di babak pertama lewat tendangan bebas Andrea Pirlo yang dibelokkan oleh Filippo Inzaghi. Di babak kedua, Inzaghi kembali mencetak gol untuk menegaskan keunggulan AC Milan jadi 2-0. The Reds akhirnya hanya bisa membalas 1 gol lewat gol telat Dirk Kuyt. Laga balas dendam itu kemudian dikenang oleh para tifosi AC Milan sebagai “Miracle of Athena”.

Selepas dua momen tersebut, Liverpool dan AC Milan baru bertemu 2 kali, tepatnya di ajang turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) tahun 2014 dan 2016. The Reds kembali mendominasi dengan selalu unggul 2-0 tiap laga.

Lalu bagaimana dengan duel nanti?

Kedua tim sama-sama dalam tren positif. The Reds baru saja menekuk Leeds 3-0 dalam partai tandang Liga Inggris, sementara AC Milan menang 2-0 di laga terbaru kontra Lazio di Liga Italia Serie A. Perlu diketaui,  musim ini Milan kembali ke Liga Champions, setelah sempat absen selama tujuh tahun,

Dalam laga nanti,  Juergen Klopp tidak bisa mengandalkan trio Sadio Mane, Roberto Firmino dan dan Mohamed Salah.  Firmino mengalami cedera. “Bobby (Roberto Firmino) tidak akan tersedia karena cedera. Ini benar-benar situasi yang rumit,”  ujar Klopp dilansir dari HITC.

Selain Firmino, Takumi Minamino dan Harvey Elliott juga harus mengalami cedera usai menjalani pertandingan internasional. Namun demikian, untuk urusan gol, para pemain Liverpool  memiliki kemampuan mencetak gol. Di laga  melawan Leed, selain Mane dan Salah, pemain lain yang mencetak gol adalah Fabinho. Lalu jangan lupakan Diogo Jota yang selalu tampil memukau.

“Laga melawan Milan tentu sangat penting bagi kami. Mereka sangat kuat karena memperlihatkan kemajuan yang luar biasa di bawah kepelatihan Stefano Pioli. Kami harus waspada dan tetap percaya diri dengan kekuatan yang kami miliki,” kata Klopp.

Lalu di kubu tamu, ada kemungkinan Olivier Giroud akan kembali ke lapangan setelah pulih dari Covid-19. Sementara itu, Rade Krunic bakal absen lantaran mengalami cedera saat jeda internasional.

Kembalinya Zlatan Ibrahimovic jangan diremehkan. Di laga melawan Lazio, pemain gaek itu sukses mencetak gol kedua untuk kemenangan 2-0 Milan. Satu gol lainnya dicetak Rafael Leao.

Milan dipastikan akan mati-matian untuk kembali memperlihatkan bahwa mereka adalah salah satu tim yang pernah berjaya di kompetisi paling bergengsi itu.

Apalagi di grup ini, masih ada dua pesaing lain yang lumayan berat lain yakni Atletico Madrid dan FC Porto. Dua tim ini juga berhadapan di kendang Atletico.

“Kami harus berjuang keras sejak laga pertama di grup ini. Liverpool sangat kuat, maka kami harus tampil lebih baik. Kami ingin terus berkiprah di kompetisi ini. Para pemain sudah menyatakan tekad untuk memberikan yang terbaik,” kata Pioli di situs klub.

Laga lainnya adalah Besiktas vs Dortmund, Manchester City vs RB Leipzig, Club Bruges vs Paris Saint-Germain dan  Sporting CP vs Ajax.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp