International Media

Sabtu, 21 Mei 2022

Sabtu, 21 Mei 2022

Liverpool Terlalu Tangguh Bagi MU

Mohamed Salah, Thiago, Lusi Diaz dan Sadio Mane merayakan kemenangan Liverpool atas Manchester United.

LIVERPOOL – Liverpool mencukur Manchester United (MU) 4-0 dalam laga bertajuk North West Derby, di Anfield, Rabu (20/4) dinihari WIB.  Liverpool pun terus bersaing ketat dengan Manchester City dalam merebut trofi musim ini.

Tuan rumah tampil dominan sejak menit awal laga. Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 71,8 persen dibanding MU yang hanya 28,2 persen. Liverpool juga terus menggempur lini pertahanan tamunya.

Pasukan Juergen Klopp melepas 13 percobaan dengan lima mengarah ke gawang. Sementara, MU cuma melakukan dua tembakan dengan satu on target. Liverpool mampu menggelontor empat gol ke gawang David de Gea lewat Lusi Diaz (5’), Sadio Mane (70′), serta brace Mohamed Salah (22′ dan 85′).

Klopp menyebutkan, timnya tampil dengan permainan tingkat tinggi. Seluruh pemain mengawali serta mengakhiri pertandingan dengan sangat baik. “Saya melihat begitu banyak pertandingan sepak bola ketika satu tim jelas lebih baik. Kami jelas lebih baik di babak pertama,” kata Klopp di situs klub.

Pelatih asal Jerman itu menjelaskan anak asuhnya terus melalukan tekanan meski telah unggul 2-0 pada babak pertama dan mereka sempat memiliki beberapa peluang yang dua di antaranya berbuah menjadi gol.

“Kami tidak segera menemukan solusi yang tepat, tetapi saya pikir dengan bola pertama kami melewati garis (dan kami) dapat berbalik ke tengah lagi, sejak saat itu kami kembali sepenuhnya bertanggung jawab. Jadi, performa kelas atas, tentu saja,” ujar Klopp.

Opta juga mencatat bahwa Liverpool kini menjadi tim yang paling banyak menjebol Man United di Premier League. Total sudah ada 74 gol yang disarangkan oleh tim asal Merseyside itu ke gawang MU. Dalam dua kali pertemuan Liverpool dengan MU pada musim ini di Liga Inggris, The Reds sembilan kali jebol gawang Setan Merah.

Soal agregat 9-0 Liverpool atas MU musim ini, Klopp menyebut bahwa hal itu tak sering terjadi. “Semua fans pintar dan tahu itu tak sering terjadi. United tak sedang dalam momen bagus, tapi untuk fans kami itu satu hal yang besar dan mereka pantas mendapatkan sedikit kegembiraan. Mereka menerima kegembiraan besar,” kata Klopp di BBC.

Mohamed Salah menginspirasi kemenangan Liverpool ini. Superstar sepakbola Mesir itu menjadi bintang dengan torehan dua gol dan satu assist.

Ia mengatakan, permainan MU memudahkan Liverpool dalam meraih kemenangan. “Mereka memudahkan kami di lini tengah dan belakang. Mereka selalu mencoba memberi kami bola dalam situasi seperti satu lawan satu. Jadi mereka memudahkan kami,” ungkap Salah seperti dikutip Eurosport.

Pemain asal Mesir itu juga menjadi pemain pertama yang mencatatkan lima gol dalam satu musim ke gawang Man United. “Kami mencetak clean sheet di sini, clean sheet di sana (Old Trafford). Kami langsung nyetel dengan pertandingan dan ingin mencetak satu gol. Sekalinya kami menciptakan gol pertama, kami ingin mencetak gol kedua, sekalinya kami mencetak gol kedua kami mengejar gol ketiga. Tapi saya rasa tadi itu sebuah penampilan yang sangat bagus dari kami, di sini dan di laga tandang. Mudah-mudahan kami terus seperti ini,”  ujar Salah.

Sementara manajer MU, Ralf Rangnick tidak menampik performa timnya di Anfield amat sangat buruk. Juru taktik Jerman itu merasa malu dengan apa yang ditunjukkan para pemainnya di hadapan Liverpool.

“Ini memalukan, mengecewakan, bahkan bisa dikatakan aib. Kami harus menerima mereka enam tahun di depan kami sekarang. Ketika Juergen Klopp datang, mereka berubah di klub dan tak hanya mengangkat tim, tetapi juga klub dan kota ke level baru. Itu yang perlu kami lakukan pada jendela transfer berikutnya,” kata Rangnick dikutip dari BBC Sport.

Dengan kekalahan kali ini membuat Manchester United tertahan di posisi keenam klasemen Liga Inggris. Setan Merah terancam gagal menembus zona Liga Champions di akhir musim.

The Red Devils punya poin sama dengan Arsenal di posisi kelima dan tertinggal tiga angka dari Tottenham Hotspur di peringkat empat.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga