International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Liverpool Ngamuk di Kandang Ajax

Laga saat Liverpool menang telak 3-0 atas tuan rumah Ajax Amsterdam.

AMSTERDAM – Liverpool memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai menang telak 3-0 atas tuan rumah Ajax pada Matchday 5, di Johan Cruijff Arena, Kamis (27/10) dinihari WIB.  Gol Liverpool dicetak Mohamed Salah (42’), Darwin Nunez (49’) dan sepakan Harvey Elliott (52’).

Ajax yang lebih butuh kemenangan memulai pertandingan dengan agresif. Steven Berghuis mendapatkan peluang terbuka di dalam kotak penalti pada menit ketiga dan sepakannya cuma membentur tiang.

Ajax juga punya kesempatan lain pada menit ke-36, ketika Dusan Tadic juga berdiri bebas di dalam kotak penalti saat menerima umpan Steven Bergwijn. Kali ini tuan rumah gagal karena membentur Trent Alexander-Arnold.

Kisaran 30 menit awal itu diakui Liverpool jadi periode yang sulit, dengan pressing agresif Ajax bikin kewalahan. Manajer Liverpool Juergen Klopp tak terkejut lagi dengan situasi ini mengingat level tinggi di Liga Champions, namun lega anak-anaknya lolos ujian di Amsterdam.

“Kami melalui setengah jam yang berat ketika Ajax banyak menekan. Kami butuh bertahan dengan sepenuh hati di momen-momen ini, tapi itu tidak masalah. Ini partai tandang Liga Champions dan Anda mesti melalui fase-fase ini. Pada babak kedua, kami memulai dengan bagus, mencetak dua gol indah, dan mengontrol laga. Kami lolos ke fase gugur dan saya tak menganggapnya enteng. Ini benar-benar pencapaian yang besar,”  kata Klopp kepada BT Sport.

Ia juga secara khusus memuji penampilan Darwin Nunez. “Dia (Nunez) memiliki permainan yang sangat bagus di kedua posisi. Dia bermain dengan hati yang besar kali ini dan saya sangat menyukainya,” tuturnya.

Liverpool memastikan lolos ke fase gugur dengan 12 poin dari lima pertandingan, tiga poin di belakang Napoli. Keduanya akan berebut posisi juara grup pada matchday terakhir. Napoli sendiri mengalahkan Rangers dengan skor 3-0. Ajax akan berebut tiket Liga Europa dengan Rangers.***

Vitus DP

Komentar