Liverpool Bikin Arsenal Tak Berdaya

Diogo Jota (no 20) saat melesatkan gol ke gawang Arsenal. (foto: thetimes.co.uk)

LONDON –  Liverpool membuat tuan rumah  Arsenal tidak berdaya dalam laga lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (4/4) dinihari WIB. The Reds menang 3-0, lewat   pemain pengganti, Diogo Jota yang bikin brace di menit 64′ dan 82′. Satu gol lagi dicetak Mohamed Salah di menit 68′.

Kemenangan yang begitu melegakan karena Liverpool benar-benar tampil dominan di laga itu. BBC melansir Liverpool menguasai 64 persen ball possesion dan menciptakan 16 attempts, tujuh di antaranya on goal. Sementara, Arsenal cuma diberikan dua shot on target dari total tiga. Arsenal benar-benar dibuat mati kutu.

Manajer LiverpoolJuergen Klopp begitu senang dengan kemenangan itu dan menyebut timnya tampil sempurna. “Secara keseluruhan, performanya bagus sekali. Kami mampu menuntaskan peluang jadi gol. Arsenal tidak berkutik sama sekali selama 95 menit. Kami menguasai sepenuhnya,” ujar Klopp seperti dikutip BBC Sport.

Melihat liga hanya menyisakan delapan pertandingan, maka setiap laga akan terasa makin penting untuk dimenangi oleh Liverpool.

“Kami tidak melihat posisi West Ham atau Chelsea, atau siapa pun karena kami harus menang. Tapi dalam situasi sekarang, kami hanya perlu menjaga momentum ini dan terus meraih kemenangan. Kamitidak akan menghadapi Chelsea atau Leicester lagi, serta laga-laga serupa. Kami hanya perlu bekerja keras dan itulah yang kami lakukan. Menyenangkan,” ujar Klopp.

Meski begitu, Klopp tak mau berandai-andai dulu mengingat nasib timnya bukan di tangan sendiri. “Posisi kami sudah jelas, setelah apa yang kami lalui selama musim ini, maka kami tidak bisa menentukan nasib sendiri dalam perburuan empat besar. Kami akan terus bertarung dan berupaya mendapatkannya,”  ujar manajer asal Jerman itu.

Dalam laga itu Diogo Jota tampil bagus. Ia bikin gol lagi lewat sundulan. Hal itu menunjukkan  kepala Jota  ternyata sama bahayanya dengan kedua kakinya.

Jota memang cuma jadi cadangan. Trio Firmansah yang dipasang di lini serang memang mendominasi permainan sedari babak pertama. Tapi, ketiga pemain itu malah membuang peluang sebelum akhirnya Jota dimainkan pada menit ke-61. Cuma butuh tiga menit untuk Jota kemudian mencatatkan namanya di papan skor.

Bagi Jota, dua gol itu seperti melanjutkan ketajamannya bersama Timnas Portugal di jeda internasional lalu. Tampil sebagai starter di dua laga, Jota membuat tiga gol dan satu assist.

Ketiga gol Jota semuanya diciptakan lewat kepala. Itu artinya dalam sepekan ini, Jota mencetak empat gol sundulan dan sudah pasti ini menarik. Sebab Jota cuma bertinggi badan 178 cm dan permainan bola bawah adalah andalannya.

“Terkadang Anda lama tidak mencetak gol seperti ini, tapi saya ada untuk membuat perbedaan dan saya selalu coba melakukan itu,” ujar Diogo Jota seperti dikutip BBC Sport.

Sementara itu, The Gunners begitu kesulitan mengembangkan permainan. Terlihat, Arsenal memang mengandalkan serangan balik. Namun sayang, para bek Liverpool bermain rapi dan disiplin yang mampu menyapu bola.

“Liverpool memenangkan setiap duel, setiap bola, dan setiap tantangan. Saya tidak menyangka akan hasil ini. Saya yang bertanggung jawab dan hal ini tidak bisa diterima,” ujar manajer Arsenal, Mikel Arteta seperti dilansir dari BBC.

Di laga lain, West Bromwich Albion menghajar Chelsea dengan telak, 5-2 pada pekan ke-30 Liga Inggris, yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (3/4).

Sementara Manchester City  sukses mengalahkan  tuan rumah Leicester City, 2-0,  di King Power Stadium, Sabtu (3/4) malam WIB. City mampu mencetak dua gol, lewat Benjamin Mendy (58′) dan Gabriel Jesus (74′). Hasil itu membuat Manchester City kokoh di puncak Klasemen Liga Inggris sementara dengan 74 poin. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp