Liong Ai Jia Bekasi Jawa Barat Juara PLBSI Open Tournament 2021

JAKARTA (IM)–Babak final PLBSI Open Tournament 2021 yang diselenggarakan PLBSI (Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia) berlangsung Jumat (12/3) lalu.

Kejuaraan kali ini berlangsung berbeda dari tahun sebelumnya yakni berlangsung secara virtual. Tidak ada sorak sorai penonton yang penuh antusiasme. Namun penampilan tim barongsai dan liong berbagai daerah masih tetap mengagumkan.

Lebih dari 250 peserta dari 13 kabupaten atau kota di 7 provinsi dengan antusias mengikuti kompetisi ini. Selain melakukan latihan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, para peserta juga harus kreatif dan mahir dalam teknologi video. Aksi para peserta dapat disaksikan di Instagram @pbplbsi #ayoolahraga.

          Tim liong yang berlaga di kejuaraan ini yaitu tim Liong Naga Surya Mas Pontianak Kalbar, tim Liong HFX Cemerlang Pontianak Kalbar, tim liong Singa Mas, Belitung provinsi Bangka Belitung, tim liong Aijia Bekasi Jawa Barat dan tim Sanggar Mustika Jaya Pontianak Kalbar.

          Sedangkan tim barongsai Singa Selatan yang ikut serta dalam turnamen ini yaitu tim barongsai Kopisan Singkawang Kalbar, tim barongsai Naga Merah A Cileungsi, tim Naga Merah B Cileungsi, tim Leng Chun Say A Jambi, tim Leng Chun Say B Jambi, tim Huang Ho Say Jakarta Timur, tim Singa Mas Bangka-Belitung, tim Aijia Bekasi Jabar, tim Saudara Pangkal Pinang Provinsi Babel, tim Independent Dragon & Lion Dance Association Kubu Raya Kalbar, tim Satya Bhakti Parakan A Temanggung Jateng, tim Satya Bhakti Parakan B Temanggung Jateng, tim Cetiya San Tai Tjo Soe Cipanas Jabar, tim Kayuh Baimbai A Banjarmasin Kalsel dan tim Kayuh Baimbai B Banjarmasin Kalsel.

          Hasil pertandingan kategori dragon dance PLBSI Open Tournament 2021 yaitu juara pertama dimenangkan tim liong Aijia Bekasi Jawa Barat, runner-up diraih tim Liong Naga Surya Mas Pontianak Kalbar dan juara tiga tim Liong HFX Cemerlang Pontianak Kalbar.

          Juara dalam lomba tim barongsai Singa Selatan yaitu juara pertama diraih tim Huang Ho Say Jakarta Timur, runner-up dimenangkan tim Saudara Pangkal Pinang Provinsi Babel serta juara tiga ditempati tim Cetiya San Tai Tjo Soe Cipanas Jabar.

          Ketua Umum PLBSI Nurdin Purnomo menyampaikan apresiasinya atas antusiasme tim peserta dari seluruh Indonesia meski bertanding ditengah wabah Covid-19.

“Tahun ini turnamen berlangsung secara online. Ini merupakan tantangan bagi tim liong dan barongsai. Mereka tampil dengan seluruh kemampuan mereka. Menampilkan atraksi barongsai dan liong terbaik kepada para penonton. Spirit naga dan singa yang agung merupakan wujud nyata dari semangat bangsa Tiongkok,” ujarnya.

          Ketua Umum KORMI Hayono Isman mengucapkan selamat kepada PLBSI  yang tetap aktif menyelenggarakan turnamen.

Sedangkan Asisten Kebudayaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. Maifrison MSi juga mengucapkan terima kasih kepada PLBSI yang aktif meningkatkan perkembangan olahraga ini di Indonesia.

Selain itu juga bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi olahraga di Beijing, Shanghai dan kota lainnya di Tiongkok. jhk/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp