Liming Vocational University Adakan Program Pelatihan Tenaga Pengajar Indonesia

Wakil Sekretaris Komite Partai Liming Vocational University Zhuang Yimin menyampaikan pidato dalam pembukaan kursus pelatihan.

JAKARTA –Dalam rangka mendorong serta berbagi sumber daya pendidikan berkualitas tinggi antara Liming Vocational University dengan perguruan tinggi di Indonesia, sekaligus membangun platform saling belajar dan interaksi antara guru dari kedua belah pihak, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) mendelegasikan Liming Vocational University untuk menyelenggarakan kursus pelatihan khusus guru online.

Pembukaan kursus pelatihan bertema  “Reform and Innovation in the Mode of Cultivating Technical Talents of Business Studies” berlangsung Jumat (5/3) lalu.

Dalam pelatihan ini, para profesor dari Liming Vocational University memberikan serangkaian materi dari dua modul besar yaitu “financial technology” dan “big data”.

Sebanyak 63 orang tenaga pengajar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ikut serta dalam pelatihan tersebut.

Ketua APTIKOM Wilayah VII Betty Dwi Puspasari, S.Kom, Ketua Dewan Pengurus Malaysia International Cultural Communication Center Bai Nisi, Wakil Sekretaris Komite Partai Liming Vocational University Zhuang Yimin, Dekan School of Business of Liming Vocational University Huang Quanxing, Dekan School of International Exchange of Liming Vocational University Ke Airu serta pimpinan dan undangan lainnya hadir dalam upacara pembukaan kursus tersebut.

Perosei embukaan kursus pelatihan di Liming Vocational University.

Wakil Sekretaris Komite Partai Liming Vocational University Zhuang Yimin dalam pidatonya menekankan seiring dengan terus berkembangnya inisiatif “Belt and Road”, Tiongkok dan Indonesia telah menjalin kemitraan strategis komprehensif, interaksi dan kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, budaya, dan pendidikan terus mendalam.

Terjalin baik serta lancarnya penyelenggaraan kursus pelatihan ini berakar pada perkembangan interaksi pendidikan dan budaya antara kedua negara.

Zhuang Yimin menambahkan Liming Vocational University aktif merespon inisiatif ” Belt and Road” dan dengan sekuat tenaga mendorong pendidikan terbuka.

Selain itu juga telah menjalin hubungan kerja sama dengan lebih dari 50 lebih perguruan tinggi dan lembaga riset ilmiah di 19 negara. Serta bersama negara sepanjang jalur “Belt and Road” mendirikan 5 “Akademi Jalur Sutera Maritim Li Ming”. Melakukan berbagai proyek pelatihan keterampilan kejuruan bantuan asing serta telah mengumpulkan banyak pengalaman dalam mengelola dan pengajaran sekolah internasional.

Zhuang Yimin menyatakan kursus pelatihan ini akan menggunakan model kelas pengajaran online, interaksi dan seminar pembelajaran dan lainnya.

Berbagi konsep pendidikan dan hasil praktek Liming Vocational University dalam reformasi dan inovasi model pelatihan tenaga profesional dan keahlian teknis bisnis profesional. Membangun platform diskusi bersama dan saling interaksi bagi para guru kedua belah pihak.

Para guru dari kedua belah pihak dalam interaksi pelatihan dapat saling bertukar ide, belajar bersama serta maju bersama.

Ketua APTIKOM Wilayah VII Betty Dwi Puspasari, S.Kom menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan pimpinan dan para dosen Liming Vocational University atas bantuannya dalam pelaksanaan kursus pelatihan ini.

Dia menekankan  meskipun terdampak berat oleh epidemi Covid-19, dan kita tak dapat bertatap muka langsung, namun kita harus berani untuk beradaptasi dengan kondisi new normal. Kegiatan interaksi antara kedua belah pihak tidak bisa dihentikan.

Betty Dwi Puspasari, S.Kom menambahkan pelatihan ini merupakan kerjasama tripartit antara Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), Malaysia International Cultural Communication Center dan Liming Vocational University. Kelak kami akan terus memperdalam saling interaksi dan kerjasama dalam berbagai bentuk.

Dalam pelatihan tersebut, guru besar dari Liming Vocational University melakukan penyampaian materi pelatihan tentang big data dan financial technology dalam bentuk video online. Diharapkan dapat membantu 63 guru yang berpartisipasi dalam pelatihan ini untuk mengembangkan pengetahuan profesional dan karir mengajar mereka dengan lebih baik.

Ketua Dewan Pengurus Malaysia International Cultural Communication Center Bai Nisi menyatakan pelatihan kali ini bertujuan untuk memberikan sebuah wadah yang baik bagi kedua belah pihak untuk saling memahami dan saling belajar. Juga untuk lebih mendorong pertukaran akademik antara Liming Vocational University dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dia berharap para pengajar di Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) dalam proses pembelajaran dapat lebih memahami tentang model pengajaran Liming Vocational University di bidang bisnis profesional, sistem pembinaan tenaga profesional serta metode terbaik dalam pengajaran mata ajar. 

Semoga para guru yang berpartisipasi dalam pelatihan ini benar-benar memperoleh pengembangan profesional, menerapkan apa yang telah dipelajari, menggunakannya untuk mendorong pembelajaran, saling belajar satu sama lain, mendorong diri sendiri berprestasi juga prestasi para siswa. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp