Limbah Medis Dibuang Sembarangan di Area Sawah Kudus

Limbah medis.

KUDUS-  Sejumlah limbah medis berupa jarum suntik hingga infus ditemukan di area persawahan Kelurahan Mlati Kidul, Kecamatan Kota, Kudus, Jawa Tengah. Warga dibikin resah karena limbah medis berceceran di sekitar sawah.

“Ini ada limbah medis diketahui pada Jumat (12/3) sore kemarin. Sekitar jam 16.00 WIB saat mau ke sawah,” kata salah seorang warga setempat, Jamaah saat ditemui di lokasi, Sabtu (13/3).

Jamaah menyebut limbah medis itu berupa bekas jarum suntik, botol obat, maupun infus. Sampah medis itu dimasukkan dalam kantung plastik kresek. Dia khawatir jika jarum suntik itu mengenai warga yang melintas di sawah.

“Terus melihat bungkusan plastik, di sekitarnya ada alat medis berceceran,” ucapnya.

Dimintai konfirmasi terpisah, bidan Kelurahan Mlati Kidul, Sri Endah mengkau langsung mendatangi lokasi usai menerima laporan penemuan limbah medis tersebut. Rencananya limbah medis itu akan dibawa ke puskesmas untuk dimusnahkan.

“Ini mau dibawa ke puskesmas untuk sampah medisnya, karena di puskesmas satu bulan sekali ada sampah medis yang dibawa ke Semarang. Dimusnahkan di sana,” terang Endah saat ditemui di lokasi.

Endah mengatakan limbah medis itu berbahaya. Terlebih jika tidak segera diamankan karena bisa mengenai warga.

“Bahaya, ada jarum suntik, ada bekas darah. Kena hujan, terus kena tanah juga. Itu terbungkus dalam plastik,” ujar dia.

Endah menduga limbah medis itu berasal dari pasien yang menjalani rawat jalan di rumah. Menurutnya, pelaku pembuangan limbah medis itu sulit terlacak karena lokasinya berada di jalan umum yang sepi.

“Ini saya belum tahu pasti, biasanya itu (pasien rawat jalan) merawat di rumah, alat medis dibawa oleh perawatnya. Bisanya limbah medis itu dibuang ke mana (asal perawat kerja) kalau kerja ke rumah sakit ya dibawa ke rumah sakit,” terangnya.

“Diduga dari mana (warga mana) pastinya kurang paham ya, karena sekitar sawah ini merupakan jalan, jalan sepi umum. Kalau ini rumahan, perawatan di rumah bukan di rumah sakit. Kalau di Mlati Kidul tidak ada yang melakukan perawatan di rumah,” sambung Endah.

Menurutnya sampai ini belum ada laporan warga yang terkena bekas limbah medis tersebut. “Isinya seperti ada wadah suntikan, terus infus, NR, obat, suntik. Belum ada laporan warga kena laporan terkena,” tuturnya.

Terpisah, Plt Lurah Melati Kidul, Sulistiyanto menambahkan menduga limbah medis itu dibuang oleh warga yang melintas di jalan sekitar sawah tersebut. Terlebih menurutnya karena kondisi jalan sepi.

“Ada membuang limbah medis, ini baru pertama kali di sini. Masalahnya di sini jalan umum untuk melintas warga, dari Mejobo kalau mau ke GOR lewat sini,” tambah Sulis ditemui di lokasi.

Dia mengimbau kepada warga agar tidak membuang sampah sembarang tempat. Apalagi sampah yang dibuang merupakan limbah medis. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp