Kurang Setengah Jam, 10.000 Liter Air Terserap di Sumur Resapan Ibu Kota

Pemprov DKI Jakarta perbanyak sumur resapan

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengurangi genangan dengan memperbanyak sumur resapan. Sumur resapan sedalam 20 meter mampu menyerap air 10.000 liter dalam waktu 27 menit.

Hal itu diketahui setelah Dinas Dinas Sumber Daya Air melalui Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur melakukan uji coba penggunaan sumur resapan di Jalan DI Panjaitan Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Dalam video yang diunggah dalam laman Isntagram @dinas_sda, tampak pengujian dilakukan dengan mengisi air ke dalam sumur resapan dan dihitung menggunakan detik waktu yang tersedia dalam smartphone.

“Pembuatan sumur resapan tersebut menggunakan bor sedalam 20 meter yang bisa meresap air 10 kubik/10.000 liter selama 27 menit dan sumur resapan dalam 3 meter yang mampu meresapkan air 4.000 liter selama 30 menit,” tulis @dinas_sda dikutip Jumat (9/4).

Berdasarkan data yang diunggah dalam laman Isntagram @dinas_sda, sepanjang 2019 sampai 2020 itu sedikitnya sudah dibangun 2.975 sumur resapan. Dinas Sumber Daya Air sendiri sudah membangun sebanyak 975 sumur resapan di berbagai wilayah. Sementara sisanya dilakukan oleh masing masing suku dinas Sumber Daya di lima wilayah kota administrasi.

Untuk Jakarta Selatan sedikitnya ada 570 sumur resapan; Jakarta Timur ada 456 ; Jakarta Pusat ada 359; Jakarta Barat ada 352 ; kepulauan Seribu ada 132 dan di kawasan Monas ada 130 sumur resapan. “Sumur resapan berfungsi sebagai sarana penampung air untuk mengurangi beban saluran dan sungai di DKI Jakarta,” jelas tulisan itu.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp