KRL Tak Berhenti di Tanah Abang, Dishub DKI Siapkan Bus Gratis

Stasiun Tanah Abang mulai Senin 3 Mei 2021 tidak melayani penumpang KRL. Hal ini buntut membludaknya pengunjung Pusat Grosir Pasar Tanah Abang-Jakarta Pudsat.

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyiapkan bus transjakarta gratis terhitung mulai senin (3/5)  pukul 15.00-19.00 WIB. Fasitas bus gratis ini terkait ditutupnya Stasiun Tanah Abang untuk operasional KRL.

“Untuk masyarakat yang akan melakukan kegiatan yang biasanya menggunakan KRL dari Stasiun Tanah Abang, disiapkan layanan transjakarta gratis dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Palmerah, ke Stasiun Karet, ke Stasiun Duri, ke Stasiun Angke. Itu gratis untuk masyarakat yang akan menuju stasiun tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Senin (3/5).

Layanan bus transjakarta gratis ini hanya dapat diakses secara cuma-cuma pada pukul 15.00-19.00, sesuai rekayasa perjalanan KRL.

“Sementara sesuai plotting kami 5-5 armada, tapi sambil dinamis, melihat begitu ada dinamika tentu kami akan suplai sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Syafrin menyebutkan, kebijakan ini akan berlangsung selama perjalanan KRL direkayasa.

“Kami akan melakukan kajian. Dari hasil ini, kami akan melakukan evaluasi, apakah (durasi) waktu itu efektif untuk menekan terjadinya kerumunan di Stasiun Tanah Abang seperti yang terjadi hari Jumat kemarin,” kata  Syafrin.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebelumnya mengatakan akan melakukan rekayasa perjalanan untuk perjalanan kereta rel listrik (KRL) yang melintasi atau tujuan Stasiun Tanah Abang.

Rekayasa keberangkatan akan dilakukan pada pukul 15.00 sampai 19.00 WIB. Artinya, PT KCI akan meniadakan keberangkatan ataupun kedatangan kereta di Stasiun Tanah Abang. Kebijakan rekayasa keberangkatan KRL itu diambil guna mengantisipasi lonjakan penumpang ataupun pengunjung Pasar Tanah Abang di area stasiun jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dengan kebijakan tersebut, layanan pengguna KRL berjalan sebagai berikut:

1.KRL Lintas Rangkasbitung/Parungpanjang/Serpong – Tanah Abang PP perjalanannya hanya sampai dan berawal di Stasiun Palmerah.

2.KRL Lintas Bogor/Depok/Nambo – Angke/Jatinegara PP tidak berhenti di Stasiun Tanah Abang. Pengguna di lintas tersebut tetap dapat naik/turun menggunakan alternatif Stasiun Karet, Stasiun Duri, dan Stasiun Angke.

Di luar waktu-waktu dan lintasan KRL tersebut, layanan KRL tetap berjalan normal.

Lonjakan pengunjung Stasiun Tanah Abang Seperti diketahui, terjadi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang pada Minggu (2/5).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan, jumlah pengunjung kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, diperkirakan tembus 100.000 orang hingga Minggu siang. “Hari ini data sementara (total pengunjung) sekitar 100.000 orang,” ujar Anies kepada awak media, Minggu (2/5).

 Menurut Anies, jumlah tersebut jauh meningkat dari hari-hari sebelum yang hanya berkisar 35.000 pengunjung setiap harinya. Berdasarkan data yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata Anies, jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang pada Sabtu (1/5) mencapai 85.000 orang.

Lonjakan tersebut terjadi beberapa hari belakangan seiring banyaknya warga yang ingin berbelanja kebutuhan untuk Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Jadi berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35.000 jadi 87.000,” ungkap Anies. Akibatnya, terjadinya antrean panjang pengunjung di pintu masuk dan juga di lorong-lorong kios pedagang pun terjadi kawasan Pasar Tanah Abang.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp