KRI Nanggala-402 Ditembak Kapal Asing?

KRI Nanggala 402.

JAKARTA – TNI Angkatan Laut (AL) sebut terlalu berlebihan bila ada anggapan kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam karena ditembak kapal asing yang tidak dapat terdeteksi.

 “(Spekulasi) kapal asing yang lewat saya kira berlebihan,” kata Asrena Wakasal Laksamana Muda Muhammad Ali menjawab pertanyaan wartawan, Selasa (27/4).

Dia menjelaskan bahwa latihan yang melibatkan KRI Nanggala 402 di perairan Bali juga melibatkan kapal-kapal atas air lain, sehingga jika ada insiden melibatkan kapal asing akan segera diketahui. Terlebih lagi kapal-kapal tersebut dilengkapi sonar yang akan mendeteksi jika terjadi ledakan atau penembakan torpedo.

“Jadi kalau ada ledakan akan terdengar, itu berdasarkan pengamatan kapal-kapal yang ikut latihan bersama KRI Nanggala,” katanya menambahkan.

Lebih lanjut Danseskoal Laksamana Muda Iwan Isnurwanto mengatakan ada delapan kapal TNI AL yang ikut serta dalam latihan tersebut.

 “Pada saat latihan ini ada kurang lebih delapan kapal yang melakukan pengamanan dan ada dua kapal fregat kita yang memiliki kemampuan sonar untuk mendeteksi,” ujarnya.

Dia juga menepis dugaan KRI Nanggala 402 terkena tembakan torpedo, karena kondisi bangkai kapal selam tersebut. “Kalau misalnya ditembak oleh kapal selam atau kapal lain pasti hancur berantakan,” tutupnya.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp