Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Konjen Zhang Min Serahkan Sumbangan Ventilator dari Provinsi Guangdong ke Pemprov Sumut

Konjen Zhang Min berfoto bersama Gubernur Edy Rahmayadi seusai menyerahkan bantuan ventilator dari Provinsi Guangdong.

MEDAN (IM)—Konsul Jenderal Tiongkok di Medan Zhang Min Selasa (27/12) lalu menyerahkan ventilator yang merupakan sumbangan dari Provinsi Guangdong kepada Gubernur Provinsi Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Ketua Pelaksana Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa)  dr Indra Wahidin hadir dalam penyerahan sumbangan  tersebut.

         Konsul Jenderal Zhang Min menyatakan tahun 2022 merupakan sebuah tahun tonggak sejarah bagi Tiongkok. Dimana pada Oktober 2022 lalu, Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-20 sukses diselenggarakan.

Kongres tersebut secara ilmiah merencanakan cetak biru pembangunan Tiongkok untuk lima tahun ke depan atau bahkan lebih panjang. Yang akan menyuntikkan lebih banyak dorongan ke dalam kerja sama internasional dan juga akan menghadirkan lebih banyak peluang kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia.

Tahun ini juga merupakan tahun yang luar biasa bagi perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia. Dalam setahun ini kedua kepala negara bertemu dua kali untuk menekankan kepada hubungan bilateral.

Kedua belah pihak menetapkan arah umum untuk bersama-sama membangun komunitas masa depan bersama serta menandatangani rencana aksi lima tahun kemitraan strategis komprehensif baru, Dan sepakat untuk memperingati 10 tahun pembentukan kemitraan strategis komprehensif antara Tiongkok dan Indonesia tahun depan sebagai kesempatan untuk menciptakan pola baru kerjasama tingkat tinggi.

         Konsul Jenderal Zhang Min menyerahkan surat dari Gubernur Provinsi Guangdong Wang Weizhong kepada Gubernur Edy Rahmayadi.

Dia mengatakan bahwa tahun ini menandai peringatan 20 tahun terjalinnya hubungan persahabatan antara Provinsi Guangdong dan Provinsi Sumatera Utara dan juga merupakan tahun yang bermakna simbolis bagi kerjasama antara kedua belah pihak. Selama 20 tahun terakhir, kedua provinsi telah mempertahankan semangat dan vitalitas hubungan serta kerja sama di bidang ekonomi perdagangan, pendidikan, budaya dan bidang lainnya yang telah mencapai hasil yang luar biasa.

Polit Biro Provinsi Guangdong dan DPRD Sumatera Utara telah berulang kali saling mengirim delegasi kunjungan.

Terutama sejak merebaknya pandemi Covid-19, Provinsi Guangdong secara aktif berpartisipasi dalam kerja sama anti-epidemi Tiongkok-Indonesia.

Pada tahun 2020, menyumbangkan sejumlah besar bantuan logistik anti-epidemi seperti masker medis dan sarung tangan ke Provinsi Sumatera Utara.

Tahun ini, Provinsi Guangdong kembali menyumbangkan ventilator untuk Provinsi Sumatera Utara. Yang telah menunjukkan persahabatan dari rakyat kedua negara yang senasib sepenanggungan dan saling bantu.

Kedua provinsi tersebut diharapkan bisa terus memperkuat kerja sama di bidang saling kunjung level atas, hubungan ekonomi perdagangan, budaya pariwisata, pertanian, olah raga dan bidang lainnya.

Menambahkan lapisan gula pada kue hubungan persahabatan Tiongkok-Indonesia.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Gubernur Edy Rahmayadi dan tokoh berbagai lapisan masyarakat di wilayah konsuler. Didasari konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara membangun platform baru serta memperluas ruang baru bagi interaksi dan kerjasama dengan kota dan provinsi di wilayah konsuler juga antara Tiongkok-Indonesia. Serta terus memperkaya konsep kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia. Sekaligus menuliskan babak baru kerja sama persahabatan bilateral,” ujar Konjen Zhang Min

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan salam untuk Gubernur Wang Weizhong dan mengucapkan terima kasih atas sumbangan yang diberikan oleh Pemprov Guangdong.

Dia merasa senang menyaksikan peringatan 20 tahun jalinan sister province antara Provinsi Sumut dengan Provinsi Guangdong. Dan berharap kedua belah pihak akan menggunakan kesempatan ini untuk terus memperluas dan memperdalam interaksi persahabatan dan kerja sama pragmatis antara kedua provinsi.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho menyampaikan kepada Konjen Zhang Min bahwa Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sumut akan bernegosiasi lebih lanjut dengan Kantor Urusan Luar Negeri Provinsi Guangdong.

Dan berusaha untuk bersama-sama menandatangani rencana kegiatan untuk memperkuat interaksi dan kerja sama antara kedua provinsi pada awal tahun depan. idn/din

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media