International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Konjen Zhang Min Lakukan Pertemuan Secara Online dengan Komunitas Tionghoa di Wilayah Konsulernya

Konjen Zhang Min didampingi Wakil Konjen Fu Aimin dan Wakil Konjen Zhou Yunliang.

MEDAN–Konsul Jenderal Tiongkok di Medan Zhang Min, Jumat (22/4) lalu melakukan pertemuan secara online dengan komunitas dan warga Tionghoa di wilayah konsulernya.

Ketua Dewan Pengurus Perhimpunan MITSU Fadjar Suhendra, Ketua Pelaksana Perhimpunan INTI Dr Indra Wahidin, Ketua Pelaksana Perhimpunan MITSU Xu Yu Quan dan lebih dari 100 orang pimpinan komunitas Tionghoa wilayah konsuler hadir dalam pertemuan tersebut.

Konjen Zhang Min mengucapkan terima kasih kepada komunitas Tionghoa di wilayah konsuler yang menyampaikan ucapan selamat pada dirinya dengan berbagai cara.

Dia juga menjelaskan perkembangan sosial ekonomi Tiongkok, penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin serta hubungan Tiongkok-Indonesia.

Dia menyatakan di bawah kepemimpinan strategis Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, hubungan mitra strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia terus diperdalam, menjadi teladan kerja sama yang tulus antara negara berkembang besar.

Berbagai provinsi di wilayah konsuler memiliki hubungan ekonomi perdagangan yang erat dengan berbagai daerah di Tiongkok. Kerja sama di berbagai sister city, kerjasama budaya, pendidikan dan bidang lainnya telah membuahkan hasil yang bermanfaat.

Perwakilan Komunitas Tionghoa wilayah konsuler Konjen Tiongkok di Medan yang hadir dalam pertemuan online.

Pemerintah daerah di Pulau Sumatera menyatakan keinginan mereka untuk memperdalam kerja sama pragmatis dan interaksi humaniora dengan pihak Tiongkok.

Konjen Zhang Min menekankan sejak lama, sebagian besar warga Tionghoa di Pulau Sumatera telah mengembangkan tradisi kebaikan persatuan dan perjuangan. Juga mengakar dan  membangun Indonesia, serta memberikan kontribusi penting bagi kemakmuran sosial ekonomi osial Indonesia.

Selain itu juga membangun jembatan persahabatan bagi perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia.

Komunitas Tionghoa di wilayah konsuler diharapkan dapat terus membangun komunitas Tionghoa yang rukun, harmonis, bersatu dan bersahabat serta penuh gairah.

Selain itu juga aktif mengembangkan keunggulan diri sendiri serta menjadi duta persahabatan yang meningkatkan komunikasi antar rakyat Tiongkok dan Indonesia.

Perwakilan komunitas Tionghoa pada pertemuan tersebut menyambut hangat Konjen Zhang Min ditempat tugasnya yang baru.

Selain itu juga mengapresiasi hasil kerja sama anti-epidemi Tiongkok-Indonesia dan pembangunan bersama “Belt & Road”.

Wakil Konjen Fu Aimin dan Wakil Konjen Zhou Yunliang juga hadir dalam acara tersebut. idn/din

Sukris Priatmo

Komentar