Konjen Tiongkok di Denpasar Dukung Pelatihan Bahasa Mandarin untuk Petugas Imigrasi Bandara Ngurah Rai -Bali

Peserta dan tokoh yang hadir dalam pembukaan Pelatihan Bahasa Mandarin Online untuk Petugas Imigrasi Bandara Ngurah Rai Bali.

DENPASAR–Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Senin (13/9) lalu menggelar Upacara Pembukaan Pelatihan Bahasa Mandarin Online untuk Petugas Imigrasi Bandara Ngurah Rai – Bali.

`Sebanyak 137 petugas imigrasi ikut serta dalam pelatihan bahasa Mandarin tersebut.

Hadir dalam acara tersebut  Konjen Tiongkok di Denpasar Zhu Xinglong, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai I Nyoman Gede Surya Mataram, Direktur Tourism Confucius Institute Udayana University pihak Indonesia I Made Sendra, Direktur pihak Tiongkok Tao Xianguang. Mereka juga menyampaikan ucapan selamat.

          Kelas pelatihan bahasa Mandarin ini diselenggarakan atas dukungan Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar.

Sedangkan Tourism Confucius Institute Udayana University untuk pertama kalinya mengemban tugas pengajaran kelas pelatihan ini.

          Konsul Jenderal Zhu Xinglong dalam sambutannya menginformasikan para guru Tourism Confucius Institute Udayana University memiliki pengalaman mengajar yang kaya.

Konjen Zhu Xinglong.


Dan rencana pengajaran telah disesuaikan untuk kelas pelatihan ini. Juga telah disiapkan materi pembelajaran yang kaya dan beragam.

          Dalam kesempatan tersebut Konjen Zhu Xinglong menyatakan terima kasih kepada Tourism Confucius Institute Udayana University yang telah melakukan berbagai hal dalam program pelatihan bahasa Tionghoa.

Dia juga menyatakan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai yang telah menaruh perhatian besar terhadap kelas pelatihan bahasa Mandarin serta memberikan dukungan kuat dalam kinerja Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan.

I Nyoman Gede Surya Mataram.

          Dia berharap pelatihan ini dapat secara efektif meningkatkan level bahasa Mandarin para siswa sekaligus merangsang minat mereka terhadap budaya Tionghoa.

Selain itu juga diharapkan kelas pelatihan bahasa Mandarin dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya demi berkontribusi pada persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia.

          Ini adalah kelas pelatihan bahasa Mandarin pertama yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. Pesertanya banyak dan skalanya besar. Khususnya di masa pandemic ini yang amat istimewa ini serta memiliki makna nyata.

Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar telah memberikan dukungan penuh terhadap kelancaran penyelanggaraan kelas pelatihan ini.

I Made Sendra.

Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar selama ini menaruh perhatian terhadap pembelajaran bahasa Mandarin untuk staf departemen yang berkaitan dengan luar negeri Bandara Ngurah Rai. Hanya dalam beberapa hari, 137 orang mendaftarkan diri  untuk mengikuti kelas pelatihan ini. Antusiasme dan semangat belajar bahasa Mandarin sangat menggembirakan dan mengharukan.

          Pimpinan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai sangat menaruh peduli terhadap kelas pelatihan ini. Sebelum kelas dimulai, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai telah beberapa kali menjalin komunikasi dan berdiskusi dengan Direktur Tourism Confucius Institute Udayana University pihak Indonesia I Made Sendra dan Kepala Bidang Administrasi Ngurah.

Juga aktif mendorong para staf imigrasi untuk berpartisipasi dalam kelas pelatihan ini. Sekaligus memberikan dukungan penuh dan arahan.

Untuk mengatur dan merancang kelas pelatihan tersebut dengan cermat sehingga upacara pembukaan hari ini dapat dilakukan dengan lancar. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp