Konjen Gu Jingqi Hadiri Presentasi Online Canton Fair

Deputy Director of China Foreign Trade Center Zhang Sihong dan Dubes RI Djauhari Oratmangun.

SURABAYA—Konjen Tiongkok di Surabaya Gu Jingqi Kamis (1/4) lalu menghadiri Presentasi Online Canton Fair Indonesia ke-129 sekaligus menyampaikan pidato.

Kegiatan presentasi tersebut diselenggarakan China Foreign Trade Center dan Indonesia China Business Council (ICBC).

          Deputy Director of China Foreign Trade Center Zhang Sihong, Dubes RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun dan Ketua ICBC Wu Ming Li hadir dalam acara presentasi tersebut sekaligus menyampaikan pidato.

          Konsul Jenderal Gu Jingqi menyatakan diantara Tiongkok dan Indonesia terdapat sejarah yang panjang. Inisiatif “Belt & Road” Tiongkok sangat sesuai dengan strategi “Poros Maritim Global” Indonesia.

Konjen Gu Jingqi.

Regional Comprehensive Economic Partnership Agreement (RCEP) ditandatangani pada November 2020. Hal ini menandai titik awal sejarah baru bagi kerja sama ekonomi dan perdagangan Tiongkok-Indonesia.

Tahun 2020 juga merupakan peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia. Kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua belah pihak tidak terpengaruh oleh wabah Covid-19, malah semakin erat. Hingga akhir tahun 2020, Tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama 10 tahun berturut-turut dan terus menjadi sumber investasi terbesar kedua bagi Indonesia.

Berbagai produk Indonesia dan Tiongkok sangat saling melengkapi. Perluasan impor dan ekspor merupakan kebutuhan bersama pasar kedua belah pihak.

Sebagai pameran penting yang ternama  di dunia, Canton Fair merupakan platform penting bagi interaksi dan kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan berbagai belahan dunia.

Diharapkan perusahaan Indonesia akan berpartisipasi aktif dalam Canton Fair serta lebih memperluas kerjasama bilateral bidang ekonomi dan perdagangan.

Sedangkan  Deputy Director of China Foreign Trade Center Zhang Sihong menyatakan sebagai platform promosi perdagangan internasional terbesar Tiongkok, setiap sesi Canton Fair telah menghimpun sekitar 25.000 perwakilan perusahaan ekspor Tiongkok dan 200.000 buyer dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Wabah Covid-19 terus merebak. Canton Fair ke-129 akan diselenggarakan secara online mulai 15-24 April mendatang. Akan ada 50 area pameran yang terbagi dalam 16 kategori komoditas.

Para pengusaha Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi aktif. Dan menemukan lebih banyak peluang bisnis dan bersama-sama mendorong perkembangan perdagangan antara Tiongkok dan Indonesia.

          Sementara itu Dubes RI Djauhari Oratmangun dan Ketua ICBC Wu Mingli masing-masing menyampaikan pidato.

Mereka menyatakan harapan baik untuk kerja sama perdagangan Tiongkok-Indonesia dan kesuksesan penyelenggaraan Canton Fair kali ini. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp