Tuesday, 16 April 2024

Search

Tuesday, 16 April 2024

Search

Komunitas Tionghoa Padang Gelar Donor Darah Rayakan Imlek 2023

Wakil Ketua HTT Padang, Albert Hendra Lukman saat melakukan aksi donor darah di Gedung HTT Padang.

PADANG- Komunitas Tionghoa tergabung dalam Himpunan Tjinta Teman (HTT) Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar donor darah sebagai kegiatan bakti sosial yang digelar dalam merayakan Imlek 2023.
Wakil Ketua HTT Padang, Albert Hendra Lukman di Padang, Minggu (29/1), mengatakan dalam perayaan Imlek ini orang beranggapan kegiatan perayaan identik dengan hura-hura dan pihaknya mencoba merayakan dengan bakti sosial.
“Kami pilih donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Padang. Kerja sama ini sudah sejak lama terbangun karena kami sering gelar aksi donor ini,” kata dia.
Menurut Anggota DPRD Sumbar itu, melalui aksi donor ini pihaknya ingin memberikan pesan ke masyarakat Kota Padang dan Sumatera Barat bahwa perkumpulan HTT Padang ini ingin terus berkontribusi terhadap pembangunan kemanusiaan, sosial dan kesejahteraan.
“Kami melihat ketersediaan darah berkurang dan PMI juga menghubungi sehingga kami putuskan gelar ini. Kami hanya siapkan fasilitas dan tenaga medis dari PMI Padang,” kata dia
Ia mengatakan dalam sehari ini dirinya menargetkan 500 kantong darah terkumpul dalam aksi ini dan bisa saja lebih dari jumlah itu karena tingginya animo masyarakat yang mengikuti kegiatan ini.
“Awalnya PMI menyiapkan 20 tempat tidur untuk transfusi lalu ditambah menjadi 30 unit karena banyaknya warga yang ingin donor darah,” kata dia.
Menurut dia, tingginya animo masyarakat bisa saja disebabkan fasilitas ruangan yang luas dan juga nyaman bagi warga yang melakukan donor darah.
“Setiap melakukan aksi donor darah selalu ramai seperti ini,” kata dia
Ia menjelaskan seringnya HTT melakukan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sebagai bentuk rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan.
Menurut dia, pada 2009 banyak warga HTT yang terdampak gempa Padang dan pada saat itu banyak bantuan datang.
Menurut dia, ini yang menjadi pelajaran sehingga pihaknya ingin terus berkontribusi membantu jika terjadi bencana.
“Jika ada bencana, di mana saja dan kapan saja kami akan ikut berkontribusi menyalurkan bantuan,” kata dia. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media