Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Dorong Tiga Perda dan Tingkatkan Anggaran Eksekutif

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Rusdi Haryadi.

CIKARANG PUSAT – Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Rusdi Haryadi mengatakan, pada tahun 2020 lalu, pihaknya menyelesaikan beberapa kegiatan sesuai tupoksinya. Hal itu ia katakan kepada media ini saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (8/3) malam.

Beberapa capaian kinerja sesuai tupoksinya itu, sebut Rusdi, adalah dari Aspek Regulasi. Komisi IV, sambungnya sudah mendorong pembahasan 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), dan pembahasannya sudah selesai. 

Tiga Perda itu, jelas Rusdi, adalah Perda Tentang Penyakit Masyarakat (Pekat), Perda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Perda Tentang Penanggulangan dan Pencegahan Corona Virus Desease ( Covid-19 ).

Selain itu, lanjut Rusdi menjelaskan, pada tahun 2020 Komisi IV dari aspek penganggaran menyupport dinas terkait meningkatkan anggarannya seperti pembayaran Program BPJS PBI (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Penerima Bantuan Iuran) pada Dinas Kesehatan.

Artinya, kata dia lagi, pemerintah daerah membayar premi bulanan BPJS masyarakat tidak mampu yang dialokasikan sebesar Rp 151 Milliar.

“Ada peningkatan 10% pada tahun 2021. Jamkesda sebesar Rp 20 Milliar khusus masyarakat Kabupaten Bekasi yang tidak masuk kepesertaan BPJS atau jaminan kesehatan lainnya,Tahun 2021 Naik 10%,” ucapnya.

Sementara pada sektor pendidikan, masih menurut Rusdi, pihaknya telah mendorong peningkatan kesejahteraan guru honorer melalui Jastek-nya. “Kita tingkatkan kesejahteraan guru honorer,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera itu mengakhiri. ***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp