Sunday, 19 May 2024

Search

Sunday, 19 May 2024

Search

Kombes Pol Roberto Pasaribu Resmi Jabat  Kapolres Bandara Soetta

JAKARTA-Kombes Pol Roberto Gomgom Manorang Pasaribu resmi menjabat Kapolres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Roberto menggantikan Kombes Pol Sigit Danu Setiyono yang diangkat dalam jabatan barunya sebagai Kapolresta Tangerang Polda Banten. 

Upacara serah terima jabatan (sertijab) dipimpin  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jumat (13/1).

Jabatan baru untuk Roberto tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/2776/XII/KEP./2022 per tanggal 23 Desember 2022 yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri.

Kombes Pol Roberto pernah menangkap buronan FBI yang kabur ke Indonesia. Buronan yang ditangkap di Jakarta, karena disinyalir melakukan penipuan investasi saham bitcoin.

Roberto juga sudah malang melintang di Polda Metro Jaya. Dia pernah menjabat Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya.

Ketika berdinas di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, jebolan Akpol 2000 ini menangani berbagai kasus menonjol kelas internasional. Kasus-kasus yang diungkap antara lain penyebaran berita bohong/hoaks, ujaran kebencian lewat media sosial, penipuan elektronik berupa carding, phising dan scaming melalui e-commerce, serta kejahatan pornografi online.

Pada tahun 2019, sebanyak 30 penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mendapat sertifikasi sebagai ahli dengan gelar antara lain ahli forensik dan ahli jaringan.

Subdit Cyber Crime telah mewakili Polri sebagai anggota tetap satuan tugas kejahatan online terhadap anak yang diorganisir FBI dengan nama Violent Crimes Against Children International Task Force (VCACITF).

“Untuk menjadi anggota tetap, perwakilan harus lulus ujian kompetensi dan mengikuti pendidikan khusus di FBI MCCU, Marryland, US,” kata Roberto.

Saat itu, yang mewakili Polri yakni Roberto GM Pasaribu ketika masih di Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Kompol Dhany Aryanda (saat ini Kapolres Kuningan, Jawa Barat berpangkat AKBP) bersama Perwakilan DHS, Homeland Security Investigation, USA.

Ketika menjabat Direskrimsus Polda DIY, Kombes Roberto berhasil mengungkap kasus yang menghebohkan yakni Siskaeee atau FCN (23) yang memamerkan payudara di Bandara YIA. Pihaknya menangkap Siskaeee dan dari situ diketahui tersangka memproduksi konten foto maupun video mesum untuk diunggah ke situs-situs berbayar.

Berdasarkan data kepolisian, rata-rata penghasilan FCN setiap bulan dari konten-kontennya sebesar Rp15 juta-Rp20 juta. Pendapatan tersebut diperoleh dari akun Onlyfans untuk tiap subscriber atau member sebesar USD5. Pendapatan kotor FCN melalui situs berbayar dalam rentang 2 Maret 2020 – 6 Desember 2021 sebesar USD154.013,73 atau setara Rp2,1 miliar.

Selain Kombes Roberto Pasaribu, ada  enam Kapolres dan tiga  pejabat Polda Metro Jaya lainnya yang juga menjalani Sertijab. Mereka di antaranya:

1. Kepala Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Satria Adhy Permana, kini dijabat oleh Kombes Pol Djuwito Purnomo.

2.Dirsamapta Polda Metro Jaya dari Kombes Pol Gatot Hariwibowo kepada Kombes Pol Ahmad Zaenudin.

3. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andika yang sebelumnya dijabat Kombes Pol. E. Zulfan.

4.Kapolres Metro Jakarta Utara yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Wibowo kepada Kombes Pol Gidion Arif Setyawan.

5. Kapolres Metro Bekasi dari Kombes Pol Gidion Arif Setyawan kepada Kombes Pol B. Twedy Aditya Bennyahdi.

6. Kapolres Metro Depok yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Imran Edwin Siregar kepada Kombes Pol Ahmad Fuady.

7. Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok kepada AKBP Ferikson Tampubolon.

8. Kapolres Kepulauan Seribu dari AKBP Eko Wahyu Fredian diganti kepada AKBP Ary Sudrajat.

9.Kapolres Tangerang Selatan dari AKBP Sarly Sollu menjadi AKBP Faisal Febrianto.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media