KKB Bergeser ke Ilaga Papua, Polisi: Stok Peluru Mereka Menipis

Kapolda Papua,Irjen Mathius D Fakhiri.

JAYAPURA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga telah bergeser dari Distrik Beoga ke Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, dengan aksi teror penembakan dan penganiayaan terhadap seorang pelajar SMA pada Kamis (15/4(di wilayah itu.

Indikasi bergesernya KKB tersebut telah diantisipasi aparat gabungan.

“Saya sudah minta kepada aparat TNI dan Polri untuk menutup pelarian kelompok Beoga ke Ilaga, termasuk logistik peluru mereka,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fachiri kepada awak media di Mapolda Papua, Jumat (16/4) siang.

Dikatakan, logistik peluru KKB saat ini menipis, sehingga aparat diminta berhati-hati untuk tidak menjadi korban KKB, pihaknya juga akan berupaya memutus logistik peluru mereka.

“Jika satu anggota tertembak maka ratusan butir peluru yang dia dapat. Kita akan putus mata Rantai ini. Logistik peluru mereka kita batasi. Kita waspada atas ini,” ucapnya.

Sementara Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia meeminta warga masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah.

“Situasi masih kondusif, kami imbau kepada semua warga untuk mengurangi jam malam dari kampung ke kampung lain, termasuk kepada tukang ojek, karena situasi belum memungkinkan,”ucapnya.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudussy menegaskan, kondisi di Beoga, Papua, saat ini dalam situasi kondusif setelah diteror Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  yang menembak dua guru dan membakar sejumlah sekolah serta rumah Wakil Ketua DPRD.Masyarakat sudah beraktivitas secara normal.

“Masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa. Mama-mama sudah berjualan di pasar. Kalau ada yang sebut warga mengungsi, faktanya tidak ada,” kata Iqbal, Jakarta, Jumat (16/4).

Iqbal menyebut memang ada sejumlah warga turun ke Timika, namun mereka hendak mencari bahan pangan dan mengunjungi sanak-saudara, serta kerabat.

“Adapun masyarakat yang turun ke Timika, mencari bahan makanan , berkunjung ke keluarga dan sebagainya. Kita patut syukuri, anak-anak sudah kembali bermain,” ujar Iqbal.

Dari sisi kegiatan transportasi, Iqbal menyebut operasional bandara sudah normal. Ia juga mengatakan TNI-Polri telah mempertebal pasukan di Beoga. Fokusnya menjamin keamanan warga.

“TNI-Polri hadir untuk menjamin keamanan, melindungi aktivitas masyarakat,” tutur Iqbal.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp