Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Terjadi Kekosongan Kekuasaan di Papua

Lukas Enembe saat akan dibawa ke Jakarta.

JAKARTA – Saat ini terjadi kekosongan kekuasaan di Papua pasca penangkapan gubernurnya, Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab Wakil Gubernur Papua sudah meninggal dunia.

Lukas Enembe merupakan tersangka kasus suap dan gratifikasi sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Papua.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan langkah-langkah alternatif agar pemerintahan di Papua tetap berjalan.

“Ya. Sudah ada langkah-langkah alternatif pokoknya pemerintah tidak boleh macet, pemerintahan harus tetap jalan,” kata Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (11/1).

Mahfud menegaskan, pihaknya telah lama menyiapkan langkah-langkah alternatif tersebut, dengan berbicara bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Panglima TNI, Kapolri, Menteri Kesehatan, dan pihak-pihak lainnya.

“Kan kita sudah lama menyiapkan langkah-langkah alternatif yang benar secara yuridis, kita sudah bicara dengan Kemendagri, Panglima TNI, Kapolri, Menkes, dan sebagainya, kita sudah rapat,” ucapnya.

Namun, Mahfud belum dapat memerinci apa langkah alternatif tersebut, dan belum menjelaskan siapa yang akan mengisi kekosongan jabatan di pemerintahan Papua.

“Nanti ditunggu aja langkah berikutnya,” katanya. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media