Kini Jadi Food Court, Gubsu Janji Kembalikan Fungsi Lapangan Merdeka Medan

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

MEDAN- Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi kembali menyampaikan rencananya mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara. Edy menargetkan fungsi Lapangan Merdeka ini kembali pada 2023.

Edy menyampaikan hal itu di acara Rakor Pembinaan Kediklatan Kabupaten/Kota dan OPD Sumatera Utara di Medan. Dia awalnya bercerita soal sembilan warisan yang ingin dia tinggalkan selama menjadi gubernur. Warisan pertama adalah pengembalian fungsi Lapangan Merdeka.

“Yang pertama warisan sejarah Kota Medan dan Sumatera Utara. Mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka,” kata Edy dalam sambutannya, Kamis (18/3).

Edy mengatakan mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka ini merupakan targetnya menjadi gubernur. Dia mengatakan fungsi lapangan itu harus dikembalikan untuk kepentingan rakyat.

“Harus jadi, kembalikan fungsi Lapangan Merdeka. Karena itu milik rakyat, kenapa jadi untuk jualan bakmi,” ujar Edy.

Jualan bakmi yang dimaksud Edy ini berada di pinggir Lapangan Merdeka. Tempat berjualan ini dikenal dengan Merdeka Walk.

Kembali ke Edy, dia menargetkan pengembalian Lapangan Merdeka ke fungsi semula ini dilakukan sebelum masa jabatannya berakhir pada 2023.

“Ini warisan yang saya harapkan. Dan ini lima tahun, 5 September 2023, ini harus selesai ini. Itulah motivasi,” jelasnya.

Rencana mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka Medan ini sebelumnya juga sudah disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Bobby mengatakan keinginannya memindahkan food court di Merdeka Walk ke wilayah Kesawan Medan.

“Contohnya, misalnya sekarang di Lapangan Merdeka, ini kan ada pro-kontra antara di sana dijadikan ada food court-nyalah. Kita bilang, beberapa tenant di sana bisa saja salah satu tempat alternatifnya para tenant itu bisa berkolaborasi dengan UMKM, nanti bisa taruh ke sini tanpa mengubah bangunan lamanya,” kata Bobby saat meninjau wilayah Kesawan, Rabu (17/3). ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp