International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Kim Jong-un Sampaikan Terima Kasih kepada Moon Jae-in

Moon Jae-in dan Kim Jong-un

PYONGYANG– Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah bertukar surat dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang akan menyelesaikan masa jabatannya. Kim berterima kasih kepada Moon atas upayanya untuk meningkatkan hubungan di antara kedua negara yang bertetangga itu.
Laporan media pemerintah Korea Utara KCNA pada Jumat (22/4), Moon mengirim surat pada Rabu (20/4). Dia menjanjikan upaya berkelanjutan untuk membantu meletakkan dasar bagi penyatuan berdasarkan deklarasi bersama yang dicapai pada pertemuan puncak mereka pada 2018.
Kim mengatakan dalam jawaban surat pada Kamis (21/4), bahwa pertemuan puncak bersejarah mereka pada 2018 memberi harapan untuk masa depan kepada rakyat. Keduanya sepakat bahwa hubungan akan berkembang jika kedua belah pihak melakukan upaya tanpa lelah dengan penuh harapan.
“Kim Jong-un menghargai rasa sakit dan upaya yang diambil oleh Moon Jae-in untuk tujuan besar bangsa sampai hari-hari terakhir masa jabatannya,” kata laporan KCNA.
KCNA menyatakan pertukaran surat kedua kepala negara yang bertetangga ini adalah ekspresi kepercayaan yang dalam antara Kim dan Moon. Ketika itu Moon mengunjungi Korea Utara pada 2018 bersama istrinya, Kim Jung-sook, dan mendapatkan sambutan hangat oleh Kim dan Ri Sol-ju secara langsung.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga