Ketum PAN Zulkifli Akui Usulkan Soetrisno Bachir Masuk Kabinet

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengakui dirinya mengusulkan agar Ketua Dewan Pertimbangan PAN Soetrisno Bachir dapat duduk di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Zulkifli mengatakan, usulan itu sudah pernah ia sampaikan langsung kepada Jokowi dalam sebuah pertemuan. “Memang pernah satu pertemuan, saya menyampaikan karena ada Dewan Kehormatan PAN namanya Mas Tris (Soetrisno) itu, itu dulu tim sukses Pak Jokowi, dulu ketua KEIN (Komite Ekonomi dan Industri Nasional), kalau memungkinkan memang saya titip,” kata Zulkifli, dikutip dari video yang diunggah akun YouTube Karni Ilyas Club, Senin (13/9).

Zulhas — sapaan Zulkfili– mengaku dirinya tidak meminta pos khusus di pemerintahan Jokowi untuk diisi oleh kader PAN. Menurutnya, Soetrisno yang merupakan mantan ketua umum PAN bisa berperan sebagai apa saja di dalam kabinet.

“Apa saja, Mas Tris sebagai tim sukses Pak Jokowi pada waktu itu untuk bisa kembali diperankan, apa pun terserah,” ujar Zulhas.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengakui bahwa partainya mengusulkan agar Soetrisno dapat mengisi jajaran pemerintahan Jokowi. Namun, Yoga tidak menjawab lebih lanjut saat ditanya alasan mengapa Soetrisno menjadi sosok yang diusulkan oleh partai berlambang matahari tersebut.

“Kalau sumbernya langsung dari ketua umum, maka hal itu pasti benar. Iya betul (PAN mengusulkan Soetrisno),” kata Yoga saat dihubungi, Senin (13/9).

Adapun sebelumnya, Zulhas mengeklaim bahwa partainya tidak mengajukan nama untuk duduk di kabinet karena perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. “Kami (mendukung) tidak pakai syarat kok. Mendukung, mendukung saja. Soal reshuffle kan urusannya Presiden, bukan urusan kami,” kata Zulhas kepada wartawan, Senin (6/9) lalu.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp