Ketua RW Ngaku Tidak Tahu akan Ada Proyek Rumah DP Rp0 di Pondok Rangon

Ilustrasi

JAKARTA –  Ketua RW 05 Kelurahan Pondok Ranggon Saumin mengatakan, tidak mengetahui adanya rencana pembangunan rumah DP 0 Rupiah di wilayah mereka. Dia mrngaku baru tahu soal proyek tersebut setelah rame pemberitaan  Dirut PT Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan ditetapkan tersangka oleh KPK.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menyelidiki  dugaan korupsi pembangunan rumah DP Rp0 di Nuansa Cilangkap. Lokasi tanah yang hendak dijadikan rumah vertikal itu berada di Jalan Sapi Perah, RT 05/RW 05 Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

“Ya pas muncul di media saja kalau lahan ini untuk rumah DP 0. Padahal saya dan Ketua RT 05 sama sekali enggak tahu. Enggak ada pemberitahuan resmi dari pemerintah,” kata Saumin di Jakarta Timur, Selasa (9/3). 

Suamin mengatakan, lahan yang hendak dijadikan proyek pembangunan rumah DP 0 Rupiah memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi, letaknya berbatasan dengan wilayah Kelurahan Munjul. Lahan itu bukanlah lahan kosong tanpa pemilik. 

“Hanya sepengetahuan saya dari dulu sampai sekarang lahan itu punya yayasan, bukan pemerintah. Sekitar akhir tahun 1980 dibeli sama yayasan, dulunya mau dibangun RS, tapi enggak jadi,” ujarnya.

Apabila lahan tersebut sudah dijual untuk pembangunan rumah DP 0 Rupiah, menurut Suamin,  setidaknya harus ada informasi ke ketua RW dan RT setempat.  Sampai sekarang pun di lokasi yang akan dijadikan proyek rumah DP Rp0, tidak ada penanda yang menerangkan lahan tersebut akan dibangun rumah DP 0 Rupiah. “Sama sekali enggak ada pelang di lokasi. Baik yang menerangkan tanah itu milik yayasan maupun akan dijadikan program rumah DP 0. Tapi setahu saya masih milik yayasan. Kalau sampai dijadikan lokasi untuk pembangunan rumah DP Rp 0 saya enggak tahu,” ungkapnya.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp