Ketua PSMTI Kalbar Yo Nguan Cua Hadiri Silaturahmi dengan Menkopolhukam dan Mendagri

Silaturahmi bersama Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama dan Lintas Etnis Se-Kalbar yang diselenggarakan di Aula Makodam XII/Tanjungpura.

PONTIANAK–Ketua PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) Kalimantan Barat Yo Nguan Cua Jumat (9/4) sore lalu menghadiri kegiatan silaturahmi Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian bersama Jajaran Forkompimda dan tokoh lintas agama se-Kalimantan Barat di aula Sudirman Makodam XII/Tanjungpura, Pontianak.

Dalam silaturahmi tersebut, Menkopolhukam dan Mendagri didampingi Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan dan Kapolda Kalbar Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto.

Hadir pula Ketua Makin Kalbar Sutadi bersama pengurus lain.

Menkopolhukam Mahfud MD dalam sambutannya mengapresiasi sikap toleransi di Kalbar.

“Tingkat toleransi Kalbar ini termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Toleransi menerima perbedaan, sehingga tidak menimbulkan tindak kekerasan dan disharmoni di tengah masyarakat,” kata Mahfud MD.

Dia meyakini hal ini karena masyarakat Kalimantan Barat menjunjung tinggi ajaran agama. Dia mengimbau rakyat Kalimantan Barat untuk menjadi orang-orang moderat.

“Kita harus menjadi orang yang moderat, dan kita tidak boleh berpikir bahwa diri kita adalah orang yang paling benar. Karena hal tersebut terkadang bisa mengakibatkan terorisme, tapi tidak semua ekstremisme akan mengarah pada terorisme,” ujarnya.

          Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mewakili Forkorpimda Provinsi Kalimantan Barat menyatakan situasi kondisi keamanan dan pelaksanaan kegiatan keagamaan di wilayah kalbar saat ini berjalan dengan baik dan kondusif. Hal ini karena adanya sinergisitas kerja sama antara TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat, khususnya tokoh agama, adat, dan lintas agama, serta tokoh-tokoh FKUB yang ada di Kalimantan Barat.

Pangdam XII/Tpr berharap melalui silaturahmi tersebut, kiranya seluruh tokoh agama di Kalbar menjadi pelopor dalam menanamkan sikap toleransi kepada para generasi muda, sehingga wilayah Kalbar tetap aman, tenteram dan nyaman.

          Silaturahmi digelar usai Menkopolhukam dan Mendagri melakukan kunjungan kerja ke PLBN Aruk dalam rangka mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2021. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp