Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Kesiapan Klenteng Hok Lay Kiong, Bekasi Sambut Hari Raya Imlek

Salah seorang warga saat mengunjungi Klenteng Hok Lay Kiong yang berlokasi di Margahayu Bekasi Timur.

BEKASI- Klenteng Hok Lay Kiong yang berlokasi di Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai melakukan persiapan jelang Imlek tahun 2023 yang akan dilaksanakan akhir pekan nanti di tahun Kelinci Air.

Ketua Yayasan Klenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan menuturkan pihaknya telah melakukan persiapan di antaranya bersih-bersih klenteng.

“Jadi seperti biasa kita melaksanakan persiapan persiapan hari raya imlek. Tapi untuk tahun ini agak berbeda ya karena dua tahun kemarin kita tidak mengadakan perayaan imlek di klenteng karena pendemi Covid-19,” ujar Ronny Hermawan, Selasa (17/1).

Bahkan pada Minggu (15/1) lalu, altar serta patung dewa di dalam klenteng itu dibersihkan oleh ummat yang datang dengan cara gotong royong. Kemudian, persiapan itu pun dilakukan dengan memasang lampion yang merupakan sumbangan dari ummat.

Pihaknya juga menerima sumbangan lilin yang akan dipasang sebagai sarana ibadah ummat yang datang. Saat pemerintah pusat telah mencabut PPKM beberapa waktu lalu, Ronny Hermawan pun optimis pelaksanaan ibadah Imlek akan jauh lebih khidmat.

“Saya yakin imlek nanti akan lebih meriah lebih bersuka cita, bahagia namun tidak menghilangkan rasa syukur kita bahwa kita masih diberikan keselamatan dari ujian pandemi Covid-19 kemarin yang betul betul luar biasa,” kata Ronny Hermawan.

Adapun nantinya ratusan lampion terpasang di kelenteng Hok Lay Kiong. Pada Sabtu, 21 Januari dirinya memprediksi ribuan ummat akan beribadah datang ke klenteng Hok Lay Kiong. “Umat yang datang ribuan. Karena kita buka dari pagi sampai jam 12 malam. Maka nggak akan ada kerumunan karena waktunya panjang dan datangnya berguliran. Tapi yang sudah sudah ada 3.000 orang yang datang ke sini,” pungkasnya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media