Keren! Lima Mahasiswa President University dapat Beasiswa dari Pemerintah untuk Kuliah di Luar Negeri

JABABEKA–Lima mahasiswa President University (PresUniv) berhasil memperoleh beasiswa dari ISSMA (Indonesian International Student Mobility Awards) 2021.

Mereka mendapatkan beasiswa setelah melalui proses seleksi yang ketat dari 3.500 peserta dari seluruh universitas di Indonesia.

        IISMA merupakan program beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia melalui program pertukaran pelajar ke universitas-universitas terkemuka di luar negeri.

IISMA, yang merupakan bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program ini terbuka untuk mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

        Ada pun lima mahasiswa PresUniv, yang kampusnya berlokasi di kawasan industri Jababeka —kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, yang berhasil lolos seleksi beasiswa IISMA tahun ini adalah Annisa Harovanta dan Gede Made Danur Dharmahadi Wdari Program Studi (Prodi) Manajemen), Ahda Ayudia Hairisa dan Kadek Astri Dwijayanti  dari Prodi Hubungan Internasional, dan Felicia Limiardo dari Prodi Teknologi Informasi). Mereka adalah mahasiswa PresUniv dari angkatan tahun 2019.


Kampus President University di kawasan industri Jababeka.

Mereka akan kuliah di universitas luar negeri yang berbeda-beda. Annisa ke National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan. Gede kuliah di Varna University of Management, Bulgaria. Ahda lolos ke University of Limerick, Irlandia, Kadek ke University of Warsaw, Polandia, dan Felicia ke University of Edinburgh,United Kingdom.

Total ada 3.500 mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia yang mengikuti seleksi IISMA 2021.

“Dari 3.500 peserta kemudian disaring menjadi 2.000 peserta untuk proses interview. Setelah itu disaring lagi hingga tersisa 1.000 peserta sebagai penerima beasiswa,” kata Aris Masruri Harahap, Person in Charge (PIC) untuk program pertukaran pelajar di International Office, di PresUniv, dalam siaran pers, Kamis (29/7).

Aris menambahkan, mahasiswa PresUniv yang mendaftar di IISMA sudah diseleksi secara internal terlebih dahulu di kampus. Setelah itu, yang lolos seleksi internal akan mendapatkan surat rekomendasi dari pihak kampus.

Menariknya, satu dari lima mahasiswa PresUniv yang lolos program ini, yaitu Felicia, berhasil lolos ke University of Edinburgh, salah satu universitas terkemuka di dunia.

Felicia mengaku sangat senang dan bangga bisa kuliah di salah satu universitas bergengsi di dunia. Sambil kuliah, ia juga akan belajar mengenal budaya negara tujuan dan meningkatkan keterampilannya.

Dia mengungkapkan bahwa sejak dulu sangat ingin kuliah di luar negeri, namun belum tercapai karena kendala biaya. Keinginan itulah yang mendorongnya mencoba program beasiswa penuh IISMA.

Menurut Aris, aelama satu semester mereka akan banyak belajar hal baru. Seluruh biaya selama mengikuti program ini, seperti biaya kuliah dan pendaftaran, tunjangan transportasi, tunjangan biaya hidup selama mengikuti program, asuransi kesehatan, tunjangan visa, dan tes PCR, akan ditanggung oleh pemerintah. ***

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp